Media Islam dan Muslim Store No. 1 Balikpapan
Berita Nusantara

11 Ormas Islam Tolak Miss World di di Indonesia

MADINATULIMAN.COM (Jakarta) – Sebanyak 11 organisasi kemasyarakatan Islam yang tergabung dalam Lembaga Persahabatan Ormas Islam (LPOI) menolak kontes Miss World di Nusa Dua, Bali, dengan alasan tidak sesuai dengan moral dan budaya bangsa. Penolakan tersebut disampaikan Ketua Umum LPOI KH. Said Aqil Siraj usai menggelar pertemuan di Kantor PBNU, Jakarta.
 

"Acara Miss World dinilai memiliki sisi mudharat yang lebih besar dibanding manfaat," kata KH. Said Aqil usai pertemuan di Kantor PB NU, Jakarta, Rabu (4/9/2013). Sebagaimana yang diberitakan oleh Liputan6.com.

KH. Said Aqil juga menambahkan, LPOI menilai setiap event, khususnya yang berskala internasional, harus dilihat sisi manfaat dan mudharatnya.

Ketua Umum PBNU itu menilai kontes kecantikan Miss World tidak lebih dari acara foya-foya yang menghambur-hamburkan uang tanpa memberikan kontribusi positif bagi rakyat dan bangsa Indonesia. "Belum terjamin manfaatnya, yang jelas itu acara foya-foya. Beda dengan acara Pak Jokowi yang mengangkat budaya Betawi," ujarnya.

Meski menolak, LPOI tidak akan melakukan aksi untuk menekan agar kontes kecantikan sejagat itu dibatalkan atau tidak digelar di Indonesia. LPOI menentang segala bentuk kekerasan dalam penolakan tersebut.

Menurut Said Aqil, bukan menjadi kewenangan LPOI untuk membatalkan kontes Miss World. Pihaknya hanya menyatakan sikap dan diharapkan pihak berwenang menanggapi dengan bijak penolakan LPOI dan sejumlah elemen lainnya terhadap acara tersebut. "Kami berkewajiban menyampaikan suara umat Islam. Kita tidak akan turun ke jalan, soal tindakan kita serahkan kepada pihak berwenang," tutur Said Aqil.

Selain itu, acara Miss World juga bertentangan dengan moral dan budaya bangsa. "Acara Miss World juga bertentangan dengan Pancasila", ujarnya. Namun, LPOI menolak segala bentuk kekerasan dalam penolakan terhadap Miss World. "LPOI juga menentang segala bentuk kekerasan dalam penolakan acara Miss World itu," tegas Said Aqil.

Sementara, Sekretaris Umum LPOI Lutfi A Tamimi menambahkan, alasan gelaran Miss World di Bali akan menambah ketenaran Indonesia di mata internasional juga mengada-ada. "Dunia sudah kenal Indonesia tanpa Miss World. Negara tetangga kita juga menolak, kita kok malah bangga," kata Lutfi.

LPOI beranggotakan NU, Persatuan Islam, Al Irsyad Al Islamiyah, Mathlaul Anwar, Ittihadiyah, Persatuan Islam Tionghoa Indonesia, Ikatan Da`i Indonesia, Azzikra, Syarikat Islam Indonesia, Al Wasliyah, dan Persatuan Tarbiyah Islamiyah.

Sebelumnya, sejumlah ormas Islam juga menyatakan penolakan mereka pada acara Miss World dengan menggelar aksi-aksi turun ke jalan dan mengeluarkan pernyataan sikap.

Related posts

Tradisi Ramadhan Polewali Mandar ; Berdzikir dengan Tasbih Raksasa

admin

Ulama Harus Lahir dari Pesantren Bukan dari Kampus

admin

Musyarawah Nasional dan Konferensi Besar NU Terbagi 3 Komisi

admin

Majelis Ulama Indonesia Beri Apresiasi Sejumlah Acara Ramadhan di TV

admin

Korban Travel Abu Tours Mencapai 96 Ribu Jamaah Umrah

admin

Muslimat NU Makassar Bantu Korban Kebakaran

admin
SILAHKAN BERTANYA
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com