Media Islam Madinatul Iman Balikpapan
Islam Balikpapan

25 Santri Lansia Ikut Khataman Massal di Ash-Shiddiq Gn Guntur Balikpapan

MADINATULIMAN – Sebanyak 25 santri lanjut usia (lansia) mengikuti prosesi khataman Alquran massal di Masjid Jami’ Ash-Shiddieq, Gunung Guntur, Balikpapan  Tengah.  Sejumlah lansia tersebut merupakan binaan masjid Jami’ Ash-Shiddieq.
 

Seksi Pendidikan Masjid Jami’ Ashy-Shiddieq, Mohammad Rusli, S.Ag  mengungkapkan, para lansia belajar membaca Alquran sudah sejak lama. Bahkan, mereka belajar mulai dari nol, yakni dimulai belajar dari Iqra hingga terus berlanjut ke Alquran.

“Khataman ini memang merupakan buah dari ketekunan, kesabaran dan kegigihan mereka untuk bisa membaca Alquran. Masalahnya, mereka semua memulai dari nol. Artinya, dari Iqra 1 sampai 6 lalu berlanjut ke Alquran,” ungkap Rusli, belum lama ini.  

Rusli menyebutkan, jika dihitung dari angkatan pertama tahun 2010 hingga angkatan terakhir tahun 2013, rata-rata peserta khataman sebanyak 25 orang per tahun. Dengan begitu, lanjut Rusli, artinya sudah ada sekitar 100 orang lansia yang telah terbebas dari buat aksara Alquran.

“Jika hal ini juga dilakukan di masing-masing masjid yang ada di Balikpapan, maka gerakan berantas buta aksara Alquran di kalangan lansia bisa terwujud,” tukasnya.

Setelah menggelar khotmil Quran angkatan ke-4 ini, Rusli menjelaskan pengurus masjid telah menyiapkan program baru bagi para alumni dan masyarakat umum. Yakni, peningkatan perbaikan baca Alquran berupa Tartil, Tilawah dan pelajaran Nahwu shorof.

“Namun bagi masyarakat umum yang ingin belajar mulai Iqra jilid 1, akan tetap dibuka dan ditangani oleh LKP Beriman Mandiri dan memakai gedung PAUD Beriman RT 19 Gang Fortuna setelah salat Isya,” jelas Rusli yang juga menjabat sebagai Direktur LKP Beriman Mandiri.(cha/BALIKPAPANPOS)

Foto Ilustrasi : Google
Kultum Shubuh di Masjid Ash-Shiddiq Gn Guntur Balikpapan)

Related posts

NU Kecamatan Balikpapan Barat Gelar Pengajian Rutin

admin

1.000 Prajurit dan PNS TNI Balikpapan Peringati Nuzulul Quran

admin

KH. Thobary Syadzily: Umat Islam Harus Toleran Sikapi Perbedaan Awal Puasa

admin

KH. Hasyim Muzadi : NU adalah Pusaka Indonesia

admin

Satukan Persepsi Balikpapan Madinatul Iman Antar Umar Beragama

admin

Pengukuhan Keluarga Sakinah Teladan Tahun 2013 Tingkat Kota Balikpapan

admin
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Share info ke kami