Media Islam Madinatul Iman Balikpapan
Berita Nusantara

Ada Yang Idul Fitri 20 Agustus : Naqsyabandiyah, Islam Aboge dan Pakistan

MADINATULIMAN – Umat Islam di dunia mayoritas melaksanakan hari raya Fitri pada hari Ahad 19 Agustus 2012. Namun, ada segelintir kelompok umat Islam yang merayakan Fithri pada hari Senin 20 Agustus 2012.
 

Di Jombang Jawa Timur, sekelompok dari Tarekat Naqsabandiyah Khalidiyah Al Aliyah baru melaksanakan salat Idul Fitri hari ini, (20/8/2012) sebagaimana di beritakan oleh Inilah.com. Penentuan Idul Fitri tersebut lebih lambat satu hari dibanding dengan versi pemerintah dan ormas Islam lainnya, karena mereka membuat ketentuan sendiri. Menurut mereka, hilal gagal di lihat sehingga harus di genapkan menjadi 30 hari. Mereka sholat Ied di  Masjid Baitul Muttaqin Dusun Kapas Desa Dukuhklopo Kecamatan Peterongan dengan dipimpin oleh Kiai Mustaqim, pimpinan tarekat tersebut.

 
Selain itu, Jawa Tengah, beberapa penganut Islam Aboge (Alif Rebo Wage) juga turut merayakan Idul Fitri pada hari ini (20/8). Menurut mereka, 1 Syawal jatuh pada Senin Manis, 20 Agustus 2012, karena mengacu para rumusan Waljiro (Syawal Siji Loro), yakni 1 Syawal jatuh pada hari pertama (Senin) dan pasaran kedua (Manis/Legi). Konon, perhitungan yang dipakai aliran Aboge telah digunakan para wali sejak abad ke-14 dan disebarluaskan oleh ulama Raden Rasid Sayid Kuning berasal dari Pajang. Demikian dilansir oleh Solopos.com.
 
Sementara diluar negeri, sebagaimana di lansir oleh vusolutions.com, umat Islam di Pakistan juga merayakan 'idul Fithri pada hari senin. Di Islamamad, shalat 'Ied di laksanakan di Masjid Faisal. Sedangkan di Karachi, pelaksanakaan shalat Ied, selain di Masjid juga di gelar di area-area terbukan. []

Redaktur : AR
Foto : Shalat Ied Pakistan

 

Related posts

Delegasi Mesir: Islam di Indonesia Lebih Islam dari Islam di Dunia Arab

admin

Penyanyi Lagu Religi Opick Jadi Duta Sebuah Lembaga Amil Zakat

admin

Ribuan Massa Front Pembela Islam (FPI) Rayakan Milad Ke-14 di Monas

admin

MQK PPU, Pesantren Berperan Cetak Kader Ulama

admin

Idul Fitri 1434 H Jatuh Pada Kamis 8 Agustus 2013

admin

Kemenag Akan Gelar Sidang Itsbat Penentuan Awal Ramadhan Pada 19 Juli

admin
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp BAGI INFO KE KAMI