Media Islam Madinatul Iman Balikpapan
Warta Dalam Kota

Akan Dibangun Rel Kereta Api di Balikpapan, PPU dan Kutai Barat ?

MADINATULIMAN – Sempat menjadi wacana lantaran dinilai tidak sesuai dengan topografi wilayah Kaltim yang didominasi perbukitan, akhirnya titik terang pembangunan rel kereta api yang direncanakan akan melintasi tiga daerah, yakni Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Penajam Paser Utara (PPU) dan Kota Balikpapan mulai terlihat.
 

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Balikpapan Drs H Suryanto MM mengatakan, tahapan pembangunan jalur rel kereta api sudah berjalan dengan proses pembebasahan lahan. "Jalur kereta api ini akan melintasi wilayah Kubar, PPU dan Balikpapan. Panjangnya sekitar 160 kilometer," ujar Suryanto.

Menurutnya, pembangunan rel kereta api terealisasi atas kerja sama antara Pemprov Kaltim dengan JSC Russian Railways melalui Kalimantan Railways TE Ltd dengan nilai investasi yang diperkirakan mencapai US$2,4 miliar.

“Mengenai pembangunan rel kereta api ini, sebenarnya kewenangan Pemprov Kaltim, tapi kami (Balikpapan, Red) juga bagian didalamnya. Karena memang pembangunan itu akan menguntungkan Balikpapan," aku Suryanto.

Banyak keuntungan yang diperoleh Kota Balikpapan jika moda transportasi umum yang banyak dijumpai di pulan Jawa ini akhirnya bisa terwujud. Salah satunya semakin mempercepat pengembangan kota minyak yang sudah di plot sebagai kota jasa. Sarana transportasi yang memadai dan bervariasi jelas sangat membantu, membuka akses di tiga daerah yang dilalui gerbong-gerbong kereta api.

"Balikpapan itu ‘kan seperti outlet, masuk dan keluar. Tujuannya biar kawasan jauh bisa semakain cepat ke Balikpapan,” terangnya. Karenanya pemkot, lanjut Suryanto, terus berupaya semaksimal mungkin mendorong agar pembangunan rel kereta api itu segera bisa selesai. “Jadi fungsinya Balikpapan sebagai kota jasa, tentu akan semakin diperkuat dengan adanya rel kereta api ini,” ujarnya.

Ditanya apakah jalur kereta api akan melintasi jembatan Trans Kalimantan atau Pulau Balang yang ada di Jl Soekarno Hatta Km 13? Suryanto menuturkan jembatan Trans Kalimantan tidak akan dilalui rel kereta api. "Kabar dari perencanaannya, mereka akan buat jalur sendiri khusus rel kereta api," tandasnya.

Rencananya, selain untuk alat transportasi masyarakat. Ternyata, dalam perencanaan lebih difungsikan untuk mengangkut batubara dari Kubar ke Balikpapan. Untuk diketahui, pasca ditunjuknya Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak menjadi Ketua Regional Pembangunan Kalimantan, rencana pembangunan rel kereta api yang akan menghubungkan tiga provinsi yakni Kalimantan Tengah (Kalteng), Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Kaltim kini juga masih terus diupayakan.(rus/balikpapanpos)

Foto: Google

Related posts

Hutan kemasyarakatan Sungai Wain Balikpapan Terima 5000 Bibit Tanaman

admin

Buku SD Bermuatan Pornografi Ditarik Dinas Pendidikan Balikpapan

admin

Baret Merah Hanya Kopassus, Ormas Dilarang Pakai Atribut Militer

admin

Balikpapan Islamic Center Telah Rampung 55%

admin

Sekitar 20.000 Keluarga di Balikpapan Belum Punya Rumah

admin

Mahasiswa STITBA Gelar Dialog Publik dan Buka Puasa Bersama

admin
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Share info ke kami