Media Islam dan Muslim Store No. 1 Balikpapan
Khazanah Islam

Al Azhar adalah Ka’bah Keilmuan Ummat Islam

MADINATULIMAN – Masjid Al-Azhar mulai dibangun pada tahun 395 H dan diresmikan pada bulan Ramadhan 361 H.  Masjid Al-Azhar didirikan setelah pasukan Muiz Li Dinillah yang dipimpin oleh panglima Jauhar As-Shaqali menduduki Mesir. Muiz Li Dinillah merupakan khalifah pertama dinasti Fatimiyyah.
 

Seusai ia membangun kota Kairo, ia menjadikan masjid Al-Azhar sebagai markas penyebaran faham Syiah. Namun setelah Salahuddin Al-Ayubi memasuki serta menguasai Mesir, lambat laun ia merubah ideologi Al-Azhar yang mulanya Syiah menjadi Ahlussunnah yang berpegang teguh kepada pendapat Imam Al-Asyari dan Maturidi secara aqidah dan dipelajari di dalamnya berbagai madzhab ahli fikih.

Dengan berjalannya waktu Al-Azhar tidak hanya sebagai masjid, melainkan mampu mendirikan universitas yang mencetak kader-kader cendekiawan Islam yang luar biasa. Ribuan bahkan tak terhingga alumnus-alumnus Al-Azhar tersebar seantero dunia.

Dengan kemoderatannya dalam menyebarkan dakwah Islam, Al-Azhar sanggup menjadi rujukan pertama se-dunia dalam urusan Islam dan Ilmu keislamannya. Tercatat saat ini lebih dari 40.000 mahasiswa asing yang sedang duduk di bangku kuliah universitas Al-Azhar dari berbagai benua.

Al-Azhar yang berasaskan moderat, toleransi, dan lebih mengedepankan dialog serta jauh dari tindak anarkis, radikal, dan kekerasan ini dipercaya oleh seluruh masyarakat Islam dunia dalam penyebaran Islam. Hal ini terbukti dari berbagai penghargaan yang telah dipersembahkan untuk ulama Al-Azhar. Beberapa tempo yang lalu, Grand Syeikh Al-Azhar, Dr. Ahmad Tayyib dinobatkan oleh Syeikh Zaid Award dalam acara Abu Dhabi internasional book fair sebagai seorang ulama dunia yang mampu mengemban amanat dakwah Islam yang sesuai digariskan Rasulullah Saw. Dakwah yang penuh kesantunan dan jauh dari kekerasan.

Sebuah pengakuan ulama se-dunia terhadap Al-Azhar adalah “Jika Ka’bah salat umat Islam berada di Mekkah, maka Ka’bah ilmu umat Islam berada di Kairo yaitu Al-Azhar.” (Ay/mosleminfo/madinatuliman.com)

Related posts

Abu Nasr Mansur (960 M – 1036 M) : Ilmuan Muslim Penemu Hukum Sinus

admin

Tahukah Antum ? Tulisan “Ya Muhammad” Diganti Menjadi “Ya Majid”

admin

Madrasah al-Mustanshiriyyah Cikal Bakal Universitas Modern

admin

Madzhab Syafi’i, Fase Perkembangan dan Sumber Hukumnya

admin

Al-Azhar, Pelindung Umat Muslim Sepanjang Sejarah

admin

Pengertian Takjil Yang Tepat

admin
SILAHKAN BERTANYA
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com