Media Islam Madinatul Iman Balikpapan
Berita Nusantara

Alhamdulillah Idul Fitri 1 Syawal 1434 H (2013 M) Akan Bersamaan

MADINATULIMAN (Balikpapan) – Wakil Menteri Agama, Nasaruddin Umar dalam laman Kementerian Agama, Rabu (31/07/2013) mengungkapkan, jika didasarkan pada perhitungan hisab, pada hari pelaksanaan rukyatul hilal atau hari Rabu senja tanggal 7 Agustus 2013, posisi hilal berada di atas dua derajat (hilal dimungkinkan untuk dirukyah).
 

Dengan kata lain, 'Idul Fithri 1 Syawal 1434 H akan jatuh pada 8 Agustus 2013 M. Hal senada pernah diungkap oleh KH. Thobary Syadzily, Ketua Laznah Al Falakiyah PWNU Provinsi Banten sekaligus anggota Komisi Fatwa dan Hukum Kota Tangerang Banten dalam sebuah kegiatan Rapat Koordinasi Lembaga Dakwah Islamiyah se-Balikpapan dan Sosialisasi Hisab Rukyat pada Rabu 3 Juli 2013 lalu di Aula Gedung Bank Indonesia Balikpapan.

Menurut, Pengasuh Pondok Pesantren Al Husna itu, tinggi hilal di Balikpapan pada Rabu Pon 7 Agustus 2013 adalah 3,6 derajat diatas ufuk sehingga sudah bisa di lihat atau dirukyah. Maka, 1 Syawal 1434 H atau 'Idul Fitri jatuh pada hari Kamis, 8 Agustus 2013.

Prof. Thomas Djamaluddin dalam laman pribadinya juga mengatakan bahwa hisab Imkanur Rukyah sepakat bahwa Idul Fithri 1434 H akan jatuh 8 Agustus 2013 namun untuk kepastiannya menunggu sidang itsbat yang dilakukan pemerintah.

"Karena hasil hisab IR sepakat bahwa Idul Fitri jatuh pada 8 Agustus 2013 dan mengingat Fatwa MUI 1981, kemungkinan besar Idul Fitri jatuh pada 8 Agustus 2013. Namun, kepastiannya kita harus menunggu hasil sidang itsbat. Demi persatuan, kita harus menghargai adanya otoritas tunggal (Pemerintah) dan mematuhi keputusannya yang sudah mempertimbangkan aspek ilmiah dan fikih dalam musyawarah yang dihadiri para ulama, pakar hisab rukyat, dan perwakilan ormas-ormas Islam". tulisnya.

Sebelumnya, Pimpinan Pusat Muhammadiyah berdasarkan hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdidnya  telah mengeluarkan maklumat bernomor 04/MLM/I.0 /E/2013 yang menetapkan bahwa 1 Syawal 1434 H / Idul Fithri atau lebaran jatuh pada hari Kamis Wage, 8 Agustus 2013 M. []

Redaktur : AR

Related posts

Kemenag Identifikasi Pesantren yang Radikal

admin

Menag Minta Umat Islam dan Buddha Tanggapi Bijak Soal Rohingya

admin

Ketua PWNU Kaltim : NU Berkembang di Kaltim Dibawa dari Banjarmasin

admin

Tren Full Day School Meniru Pendidikan Pesantren

admin

Dakwah Tanpa Kekerasan : Kronologi Kasus Sunni-Syiah di Sampang Menurut BASSRA dan Tim Pencari Fakta (TPF) Nahdlatul Ulama

admin

Kemenag ; Sidang Itsbat 19 Juli Jalan Terus Tanpa Muhammadiyah

admin
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
SILAHKAN BERTANYA