Media Islam Madinatul Iman Balikpapan
Ubudiyah

Bacaan Shalat Gerhana Setiap Berdiri (Qiyam)

MADINATULIMAN.COM – Shalat Kusuf yang paling sempurna adalah takbiratul ihram kemudian do'a istiftah, ta'awwudz, membaca suratul Fatihah dilanjutkan membaca al-Baqarah atau surah panjang yang semisalnya. Pada berdiri yang kedua, ketiga dan keempat, ada dua nas Imam al-Syafi'i:

 

pertama, nas didalam al-Umm dan al-Mukhtashar al-Muzanni bahwa setelah suratul Fatihah membaca ayat kadarnya kira-kira 200 ayat surah al-Baqarah, pada berdiri yang ketiga kadarnya 150 ayat, dan pada berdiri yang keempat kadarnya 100 ayat.

kedua, nas pada Al-Buwaithi, yaitu pada berdiri yang kedua setelah suratul Fatihah membaca seumpama surah Ali Imran, berdiri yang ketiga membaca seumpama surah An-Nisaa', dan berdiri yang keempat membaca seumpama surah Al-Maidah.

Ulama syafi'i di Irak dan kelompok ulama lainnya mengambil nas yang ada didalam al-Umm, sementara kelompok-kelompok ulama Khurasan berpegang dengan nas al-Buwaithi. Para ulama ahli tahqiq (muhaqqiquun) mengatakan, ini bukan sebuah perselisihan yang mutlak namun itu hanya untuk taqrib (pendekatan) saja, keduanya saling mendekati jumlah ayatnya.

Penulis : Abdurrohim
Referensi : Imam al-Nawawi, al-Majmu' Syarh al-Muhadzdzab (5/48-49).
Keterangan: Ali Imran 200 ayat, An-Nisaa' 176 ayat, dan Al-Maaidah 120 ayat.

 

Related posts

Hukum Bermakmum kepada Imam Lain Madzhab

admin

Isi Khutbah Setelah Shalat Gerhana

admin

Ucapan Salam Untuk Keluar Dari Shalat

admin

Membaca Al-Qur’an untuk Orang Mati

admin

Risalah Ramadhan (4) ; Imam Syafi’i dan Generasi Salaf Ketika Khatmul Qur’an

admin

Amalan Malam Nishfu Sya’ban KH. Ahmad Syarwani Zuhri

admin
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com