Media Islam Madinatul Iman Balikpapan
Islam Balikpapan

Buka Safari Ramadan, Walikota Himbau Warga Jaga Kondusifitas Ramadhan

MADINATULIMAN – Wali Kota Rizal Effendi resmi membuka kegiatan safari Ramadan  1433 H/2012 Masehi, Senin (23/7) tadi malam. Kegiatan safari Ramadan yang pertama ini digelar di Aula Rumah Jabatan Wali Kota di Jalan Syarifudin Yoes, Sepinggan, Balikpapan Selatan.

 

Seperti biasa, kegiatan dirangkai dengan ceramah agama dan buka puasa bersama. Acara yang dimulai sekira pukul 17.30 Wita ini dihadiri Wakil Wali Kota Heru Bambang, Sekretaris Kota (Sekot) Sayid MN Fadli, mantan wali kota Asnawie Arbain, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) serta sejumlah pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkungan Pemkot Balikpapan,  tokoh agama, wartawan serta ratusan undangan lainnya.
 
Dalam sambutanya, Rizal lebih banyak menyinggung fenomena yang terjadi di akhir-akhir ini.  Di antaranya, naiknya harga sejumlah barang kebutuhan bahan pokok di pasaran. Sehingga membuat masyarakat meradang, karena harus mengeluarkan uang lebih banyak saat  belanja menyiapkan menu buka puasa dan sahur.
 
“Wah sekarang buat sayur bening aja mahal. Saya kira tantangan buat Pak Chaidar (Kepala Dinas Kelautan Perikanan dan Pertanian, Red) untuk memberdayakan lahan pertanian yang kosong agar bisa ditanami sayur-sayuran,”ujar Rizal.
 
Selain  itu masih banyak permasalahan masyarakat yang disampaikan Rizal cukup memprihatinkan yang harus segera dicarikan solusi. Yakni rasa keprihatinan terhadap gangguan distribusi air bersih dari PDAM. Sehingga hampir separo masyarakat yang jadi pelanggan kesulitan mendapatan air bersih. Gara-garanya du pipa distribusi air baku tertima longsoran di kawasam Komplek Balikpapan Baru dan Komplek The Hilss Blue Sky.
 
 “Awal Ramadan tahun ini memang cukup memprihatinkan dengan terganggunya distribusi air bersih, yang membuat sekira 40 ribu pelanggan kesulitan air bersih,”kata Rizal di hadapan undangan yang hadir.
 
Terganggunya distribusi air bersih ini kata Rizal membuat dirinya banyak menerima telepon dan SMS atau pesan singkat  dari warga yang menjadi pelanggan. Mereka mengeluh sekaligus  menanyakan mengapa distribusi air bersih mengalami gangguan dan kapan normalnya.
 
“Pokoknya SMS-nya macam-macam. Ya mudah-mudahan secepatnya PDAM dapat mengatasi gangguan distribusi air bersih ini,”terangnya sembari mengingatkan warga tetap menjaga kondusifitas saat Ramadan.
 
Di sela pembukaan safari Ramadan ini, hadir juga Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Balikpapan, KH Syarwani Zuhri, yang juga pimpinan Pondok Pesantren Al Banjari Km 19, Balikpapan Utara.
 
Rencananya safari Ramadan kali ini digelar sebanyak 13 kali. Setiap digelarnya safari Ramadan, dibagi dalam dua kelompok. Kelompok pertama dipimpin Wali Kota Rizal Effendi dan Kelompok kedua dipimpin  Wakil Wali Kota Heru Bambang. Selain jajaran pemkot, unsur FKPD juga dilibatkan dalam kegiatan yang bertujuan menjalin silaturahim dengan masyarakat di sejumlah lokasi.
 
Jika tidak ada aral melintang, safari Ramadan kedua akan digelar Rabu (25/7) besok malam. Kelompok pertama di Masjid Al-Mujtahidin RT 34 Kelurahan Sepinggan, Balikpapan Selatan. Sedangkan kelompok dua di Masjid Jami Jamiyyatul Mustaqim di RT 28 Kelurahan Karang Rejo, Balikpapan Tengah. “Saat safari Ramadan, rombongan lebih dulu berkumpul di Pemkot.
 
Baru sama-sama menggunakan bus ke lokasi safari. Kita Jadwalkan pukul 17.00 Wita itu sudah berkumpul, jadi sebelum magrib sudah di lokasi acara,” terang Kabag Humas dan Protokol Pemkot Balikpapan, Sudirman DJ.(vie/die/BALIKPAPANPOS)

Related posts

Prapatan Balikpapan Terpilih Jadi Tuan Rumah Musabaqah Tilawatil Qur’an

admin

Gus Azmi Lantunkan Lagu Ya Lal Wathan dan Mars Banser di Balikpapan Bershalawat

admin

Shalat Eid Fitri di Halaman Dome dan Masjid Agung At-Taqwa Balikpapan

admin

Buka Puasa Bersama : Ada Tiga Tingkatan Orang Yang Berpuasa

admin

Musda MUI Kecamatan di Balikpapan Usung Tema Implementasi Islam Moderat

admin

Guru PAI Balikpapan Dilatih Manfaatkan Alat Peraga Al-Qur’an

admin
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Share info ke kami