Media Islam Madinatul Iman Balikpapan
Kaltim News

Di Tarakan, Sebuah Ponpes Dicurigai Ajarkan Paham Radikal

MADINATULIMAN.COM (TARAKAN) – Kodim 0907 Kota Tarakan, Kaltara mengawasi secara serius salah satu pondok pesantren (ponpes) lantaran dicurigai terkait dengan radikalisme. Komandan Kodim 0907 Tarakan, Letkol Inf Pujud Sudarmanto saat dikonfirmasi, Jumat (7/7/2017) membenarkan telah melakukan pengawasan tersebut beberapa tahun terakhir.

Alasannya, diduga pihak pengelola ponpes tersebut mengajarkan paham radikal. Akibat ajaran kekerasan itu, kata dia, tidak semua warga di daerah itu mampu bergabung dalam ponpes itu. Namun, Pujud tidak mau menyebutkan nama ponpes yang dimaksud.

Namun, kata Pujud, masyarakat Kota Tarakan telah mengetahui nama ponpes ini sehingga sangat intens diawasi pergerakan dan pelajaran maupun kegiatannya. Terkait dengan ajaran kekerasan yang diterapkan di ponpes yang dimaksudkan, maka menjadi perhatian serius dari Kodim 0907 Tarakan apalagi saat ini masuknya paham radikalisme di Indonesia semakin marak.

Ia tidak membantah bahwa indikasi masuknya ajaran radikalisme di daerah itu telah ada makanya meningkatkan kewaspadaan agar tidak semakin meluas.

Pujud Sudarmanto mengatakan, belum dapat memastikan apakah ponpes ini ada kaitannya dengan Islamic State Iraq and Syria (ISIS) atau tidak.

Untuk mengetahui pergerakan di ponpes ini, Kodim 0907 Tarakan terus melakukan pengawasan dan penyeli-dikan secara intensif dengan berbagai cara dan metode intelijen. Komandan Kodim 0907 Tarakan mengajak instansi terkait seperti kepolisian dan seluruh elemen masyarakat untuk bersinergi melakukan pencegahan agar santri dan pengajar di ponpes ini tidak terjerumus dengan paham ISIS. (rol/ant)

Source : Koran Kaltim

Related posts

40 Kepala SMP/MTs Ikuti Pelatihan di Balikpapan

admin

Makam Habib Sayid Hamid di Tanah Grogot Akan Dipugar

admin

Pelaksanaan Rukyatul Hilal 1434 H di Kabupaten Kutai Timur

admin

Islamic Center dan Masjid Agung Penajam Paser Utara Segera Rampung

admin

Kasi Pendis Kemenag Nunukan Utus 2 Operator Emis Ke Balikpapan

admin

Sejumlah Ormas Samarinda Kritisi Persoalan ISIS

admin
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Share info ke kami