Media Islam Madinatul Iman Balikpapan
Berita Nusantara

Direktur Pondok Pesantren : Mendagri Tak Larang Pemda Bantu Madrasah

MADINATULIMAN (Serang) – Direktur Pondok Pesantren Ace Saefuddin mengatakan, sampai saat ini tak ada bentuk larangan Pemerintah Daerah membantu dana untuk madrasah di seluruh Indonesia, termasuk Menteri Dalam Negeri melalui surat edarannya. “Setelah diteliti, tidak ada aturannya. Bahkan surat edaran dari Mendagri pun tidak ditemukan,” kata Ace Saefuddin di Serang, Banteng, Senin (7/1).
 

Tidak ada larangan Pemda membantu madrasah, kata Ace lagi. Namun ia mengakui setelah terdengar adanya larangan Pemda membantu madrasah, para kiayi memberikan reaksi keras. Bahkan di Jawa Timur, ada seorang kiayi meminta Mendagri agar meminta maaf kepada masyarakat.

Padahal, lanjut dia, sejatinya tak ada larangan dari Mendagri tentang itu.

Ia menjelaskan, Permendagri Nomor 39 tahun 2012 tentang pemberian hibah dan bantuan sosial yang bersumber dari APBD, dan ditanda tangani Mendagri Gumawan Fauzi tanggal 21 Mei 2012 tak menyebut tentang larangan itu.

Yang ada adalah pengaturan tentang bantuan dari APBD agar tidak tumpang tindih. Jadi, dengan demikian tak ada larangan bantuan bagi Pemda untuk membantu setiap madrasah di daerahnya masing-masing.

Ia menambahkan, bahkan Pemda Jatim, Jabar, dan Banten sudah bersepakat akan mengeluarkan regulasi untuk memberikan bantuan kepada madrasah. Madarasah adalah salah satu institusi pendidikan yang didirikan masyarakat, atau swasta. Kebanyakan ditangani para kiayi. Sekalipun ada yang negeri, namun jumlahnya sangat sedikit.(ant/ess/kemenag.go.id/madinatuliman.com)

Related posts

Menteri Agama RI Paparkan Pentingnya Konferensi Sarjana Muslim Dunia

admin

Lanud Jayapura Selenggarakan Gema Shalawat Damai Papua

admin

Pemerintah Tetapkan Idul Adlha 1435 H Jatuh pada 5 Oktober 2014

admin

4000-an Mahasiswa Baru UIN Raden Fatah Palembang Mengkaji Fikih Kebangsaan

admin

Di Media Sosial, Polri Gencar Bongkar Hoax dan Sosialisasi Medsos Sehat

admin

Hasil Sidang Itsbat: Alhamdulillah, Awal Ramadhan Jatuh Pada Rabu 10 Juli 2013

admin
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp BAGI INFO KE KAMI