Media Islam dan Muslim Store No. 1 Balikpapan
Warta Dalam Kota

Disdik Kota Balikpapan Berlakukan Sertifikasi Baca-Tulis Al-Quran

MADINATULIMAN – Terhitung mulai tahun ajaran 2013/2014, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Balikpapan akan menerapkan syarat khusus bagi siswa yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang SMP. Syarat itu yakni setiap siswa harus menyertakan sertifikat baca tulis Al-Quran, khususnya bagi mereka yang beragama Islam.
 

"Mulai tahun ajaran baru ini kita akan berlakukan, minimal dia harus bisa baca tulis Al-Quran untuk masuk SMP. Makanya di kelas besar 4, 5, dan 6 SD paling tidak sudah mengenal baca tulis Al-Quran," ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Balikpapan, Heri Misnoto.

Heri menjelaskan, sertifikasi baca tulis Quran itu merupakan bagian dari peningkatkan budi pekerti siswa, agar memiliki ahlak yang baik dan ketaqwaan terhadap Tuhan yang Maha Esa. Diharapkan,  dengan pondasi budi pekerti tersebut kualitas pendidikan dapat lebih maju dari sebelumnya.

Disdik tidak menunjuk lembaga khusus untuk mengeluarkan sertifikat tersebut. Para siswa akan diberi kemudahan untuk belajar, baik melalui sekolah dasar (SD) maupun dari guru mengaji atau Taman Pengajian Al-Quran (TPA).

"Jadi bisa dari mana saja siswa belajar, yang penting ada keterangan bisa baca dan tulis Al-Quran. Sekalipun dia belajar dengan guru mengaji di kampung, minimal ada surat keterangan. Dan sertifikatnya itu sebagai prasyarat nanti ketika masuk SMP," tandasnya.

Penulis : Syaiful Syafar
Editor : Reza Rasyid Umar
Source : Tribun Kaltim

Related posts

Umat Islam Balikpapan Diminta Bersabar dari Krisis Air

admin

Di Hotel Platinum, Muhammadiyah Lantik PDM, PDA, KWARDA HW Bersamaan

admin

Jelang UN, SMA Al Hassan Gn Pasir Balikpapan Fokus Benahi Mental Siswa

admin

Proyek Jembatan Tol Teluk Balikpapan Telan Biaya 12 Triliun

admin

Ide Pembentukan Kalimantan Tenggara Ditolak DPRD Balikpapan

admin

Tarif Rapid Tes Balikpapan 300-400 Ribu, Edaran Kemenkes Dianggap Tidak Cocok

admin
SILAHKAN BERTANYA
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com