Media Islam Madinatul Iman Balikpapan
Download

Download Kajian Ahlussunnah wal Jama’ah Ust. Yahya Zainul Ma’arif Hafidzahullah

Download MP3 Islami – Rekaman Audio – Kajian Indah Ahlussunnah wal Jama'ah – Sunni : Kajian Salaf  Salafiyah – ASWAJA Indonesia – Bersama  Fadlilatul Ustadz Yahya Zainul Ma'arif Hafidzahullah

 

AKHLAK MULYA : Problem yang amat besar yang menimpa umat saat ini bukanlah problem kefakiran atau kurangnya wawasan dan ilmu. akan tetapi problem yang sesungguhnya adalah miskinnya akhlaq (Moral). Umat tidak akan menemukan ketentraman kecuali mereka harus kembali kepada cara hidup Rasulullah SAW, seorang tokoh penyempurna Akhlaq. MP3 adalah Muqoddimah episode pembersih hati untuk mencapai kemulyaan akhlaq yang sesungguhnya, sehingga bisa menjadi bekal kita untuk membuat perubahan dengan "Akhlaq Yang Mulia"

 
DOWNLOAD MP3 : BAGIAN 1 | BAGIAN 2
 
 
ABADIKAN AMAL DENGAN IKHLAS : Tanpa keikhlasan sebanyak apapun amal ibadah yang kita lakukan akan tidak ada nilainya di hadapan Allah Swt. Dan untuk meraih derajat Ikhas, kita harus mendeteksi Virus atau penyakit yang menggerogoti Ikhlas agar mudah bagi kita untuk mencari obat penangkalnya. Dan dari hasil diagnosis bahwa penyakit kronis yang menggrogoti keikhlasan adalah Riya yaitu beramal baik akan tetapi tersembunyi di lubuk hatinya pamrih selain Allah.Itulah penghancur amal baik, sebanyak apapun amal baik dilakukan jika tergerogoti virus riya maka amal itu menjadi tidak ada nilainya.
Riya menjadikan amal ibadah kehilangan energi ikhlas.
 

Riya bisa menjangkit siapapun, kapanpun, dimanapun dan amalan apapun  yang dilakukan.Beragam aktivitas manusia sesuai dengan peran yang di lakoninya didunia, semuanya rawan disambangi oleh virus Riya. Maka yang tidak merasa dijangkit virus riya justru ternyata virus riya amat subur dihatinya. Dan Virus Riya ini begitu halus menggrogoti amal ibadah manusia, seperti yang di gambarkan oleh Rasulullah saw’ itu : “ Riya itu lebih halus dari langkah kaki semut hitam yang berjalan di kegelapan malam diatas batu hitam.

DOWNLOAD : BAGIAN 1 | BAGIAN 2

AGAR WARISAN MENJADI BAROKAH : Kisah kakak beradik di masa kecil mereka yang terlihat mesra. Main kelereng bersama , berguyur di bawah air hujan dan main umpet sembunyi di balik daun pintu rumah. Keindahan itu terjadi bertahun tahun menghiasai persaudaraan mereka di masa kanak-kanak mereka. Saat itu akal mereka belum sempurna karena usia mereka adalah diantara 3 tahun hingga 10 tahun.

 
Akan tetapi di suatu waktu saat mereka sudah dewasa, keindahan dimasa kecil itu hilang begitu saja dan seolah kemesraan itu tidak pernah terjadi. Yaitu di saat orang tua mereka ada yang meninggal, Peninggalan orang tua yang semestinya menjadi barokah dan rahmat bagi anak akan tetapi justru menjadi pemicu permusuhan di antara mereka. Maka terjadilah perebutan harta warisan Itulah problem yang sering muncul didalam sebuah keluarga , problem rebutan harta pusaka antar keluarga telah menjadikan kakak dan adik tidak tegur sapa, atau ada tegur sapa tetapi saling menyimpan dendam gara-gara warisan, padahal mereka di satukan oleh darah dan ikatan saudara.
 
Begitulah hawa nafsu merusak ketulusan sebuah persaudaraan. Sungguh jika hawa nafsu menguasai seseorang maka kebusukan akan terjadi tanpa pandang bulu. Problem rebutan warisan ini bisa menimpa orang-orang kaya dan bisa juga menimpa sebuah keluarga yang mlarat yang hanya meninggalkan beberapa lembar tikar tidur yang jadi rebutan. Bahkan sebuah pesantrenpun bisa di landa badai permusuhan gara-gara peninggalan sang kiai sepuh yang di sebut pesantren, hingga kantin dan kos para santripun jadi rebutan. Itulah bahan renungan kita saat ini, agar kita terhindar dari musibah permusuhan ini.

DOWNLOAD : BAGIAN 1 | BAGIAN 2

 
 
PENDIDIKAN ANAK DISAAT MELANGGARSetiap orang tua mempunyai rasa kasih sayang dan cinta kepada anaknya,  akan tetapi sering rasa kasih dan  cinta ini berubah menjadi “EMOSI” & “AMARAH”  di saat sang anak melakukan sebuah pelanggaran.  Hingga kadang solusi yang diberikan  kepada anak yang melanggar tersebut justru membuat masalah baru lagi yaitu  jauhnya sang anak dari kebenaran. Dalam MP3 ini, Al Ustadz Yahya Zainul Ma'arif Hafidzahullah memberikan “SOLUSI”  bagi orang tua yang menghadapi anaknya yang telah  melakukan kesalahan untuk mengembalikan  sang anak kepada kasih-sayang dan  kebenaran yang sesuai dengan pendidikan Rasulullah SAW.

DOWNLOAD : BAGIAN 1 | BAGIAN 2

 
 
MENGHILANGKAN CINTA DUNIA (Silsilah Pembersih Hati) :Jika Kita amati dari kebinasaan adalah Cinta Dunia. Itulah yang menjadikan sebuah keluarga rebutan dunia, suku dengan suku berperang bahkan perang dunia pun terjadi karena cinta dunia. Maka langkah pertama membersihkan hati adalah bagaimana solusinya kita berinteraksi dengan dunia.

DOWNLOAD : BAGIAN 1 | BAGIAN 2

 

DAKWAH KEPADA KELUARGA : MP3 dengan judul “Da’wah  Kepada Keluarga“  adalah salah satu episode di antara beberapa episode kajian  Al Ustadz Yahya Zainul Ma'arif Hafidzahullah dalam upaya perubahan untuk generasi abad ini  agar bisa menjalankan tanggung jawab  dalam rumah tangga dengan masyarakat yang  benar dalam menggapai ridho Allah SWT.

DOWNLOAD : BAGIAN 1 | BAGIAN 2

 
 
SEBAB RUSAKNYA HATIHal lain yang menyebabkan hati kotor adalah disaat ada orang memperlakukan kita dengan cara yang salah, seperti menganiaya kita atau berkata sombong kepada kita atau membenci dan mendengki kita. Kadang disaat inilah penyakit hati datang mengotori hati kita. Misal disaat kita mendengar orang lain mencaci kita, membenci dan menfitnah kita, saat kita berusaha sabar ternyata ada penyakit hati yang masuk di hati kita tanpa kita sadari, yaitu "Merasa diri kita lebih baik dari orang tersebut"
 
Yang terbebas dari dengki tanpa disadari telah masuk dalam kesombongan dan ujub. Begitu juga yang terlepas dari ujub dan sombong tanpa disadari telah masuk dalam kedengkian. Artinya, yang cermat selamat, yang lengah binasa.

DOWNLOAD : BAGIAN 1 | BAGIAN 2

 
 
GAPAI HARAPAN DAN KEINDAHAN DENGAN DO'A : Allah SWT memerintahkan kepada kita untuk berusaha, akan tetapi kita sering lalai akan hakikat usaha. Hakikat usaha yang sering terlupakan adalah berdo'a. Allah amat senang dengan hambanya yang banyak berdo'a bahkan Allah telah berjanji akan mengkabul semua do'a hamba-hamba-NYA
 
Dalam MP3 ini Al Ustadz Yahya Zainul Ma'arif Hafidzahullah akan mengajak kita Meneladani Rasulullah SAW dalam berdo'a, agar do'a kita benar-benar mempunyai nilai ibadah & diterima oleh Allah SWT.

DOWNLOAD : BAGIAN 1 | BAGIAN 2

 
 
INDAHNYA HIDUP BERSAMA RASULULLAH : Dan yang mengikuti Rasulullah belum tentu ia mencintai Rasulullah akan tetapi yang mencintai Rasulullah pasti ia akan berusaha untuk mencari tahu kabar tentang kekasihnya dan akan selalu berusaha untuk mengikutinya. Alangkah indahnya siapapun yang bergantung hatinya dengan Rasulullah alangkah mulianya siapapun jika didalam hidupnya adalah kehidupan Rasulullah dan alangkah indahnya jika seseorang yang gerak-geriknya adalah gerak-gerik Rasulullah, setiap tatapannya Rasulullah hidup dimatanya, setiap suaranya Rasulullah hidup di lidah dan mulutnya, setiap yang didengarnya Rasulullah hidup ditelinganya, setiap geraknya Rasulullah hidup ditangan dan anggota tubuhnya, setiap langkahnya Rasulullah hidup dikakinya, dan setiap saat dimanapun, kapanpun Rasulullah hidup didalam kehidupannya.

DOWNLOAD : BAGIAN 1 | BAGIAN 2 | BAGIAN 3

 
 
HIDUP INDAH DENGAN BERBAKTI KEPADA ORANG TUA : Sungguh besar jasa orang tua. Betapa sering anak merepotkan orang tua, akan tetapi mereka selalu ikhlas, perjuangan mereka tiada tandingnya, membanting tulang, memeras keringat, demi kebahagiaan anaknya. Kini . . . . Disaat mereka mulai renta. Betapa banyak anak-anak yang lupa, untuk berbakti, sehingga sering kali, membentak dan memperlakukan orang tuanya selayaknya seorang pembantu.
 
Dengan MP3 ini Al Ustadz Yahya Zainul Ma'arif Hafidzahullah ingin mengajak kita semua untuk membangun keinsyafan agar kita semua selalu berbakti kepada orang tua. Untuk menggapai kebahagiaan dunia dan akhirat.

DOWNLOAD : BAGIAN 1 | BAGIAN 2

 
 
INDAHNYA MENGINGAT KEMATIAN : Semua orang meyakini bahwa ajal pasti akan tiba, akan tetapi kenapa tingkah laku sebagian dari mereka seperti orang yang tidak akan mati. Sering – seringlah mengingat kematian,sungguh keindahan hidup adalah disaat seseorang mengingat kehidupan setelah kematian. Nabi bersabda, “ Orang yang cerdas adalah yang senantiasa berfikir dan berbuat untuk setelah kematian “. Kematian yang pasti akan tiba yang datangnya pun tanpa pesan terlebih dahulu dan tidak bisa di tunda walaupun sesaat. Takutlah kita, jika kematian menjelang sementara kita termasuk orang yang bergelimang dosa dan tanpa bekal.

DOWNLOAD : BAGIAN 1

 
 
INDAHNYA MENYAMBUNG SILATURAHMI : Kunci sebuah kebahagiaan yang sering dilupakan oleh seseorang adalah menyambung tali silaturahmi. Rasulullah SAW pernah menyebutkan dilapangkan dadanya dan tidak mudah merasa gundah gulana dan Allah SWT akan melapangkan rizkinya hingga dia tidak merasa susah karena kekurangan. Dan Allah SWT akan memberikan barokah di dalam kehidupannyasehingga hidupnya penuh makna bagi dirinya sendiri dan orang lain.
 
Hanya orang-orang pilihanlah yang akan merasa peduli dengan silaturahmi. Dan sungguh banyak hamba-hamba Allah SWT yang dijauhkan oleh Allah SWT dari indahnya bersilaturahmi, sehingga dengan saudara sebapak (sekandung) atau saudara seibu pundapat saling mendengki, bermusuhan bahkan saling berebut harta warisan. Itulah manusia-manusia yang celaka yang berjalan di atas bumi Allah SWT ini.
 
Maka dengan rekaman MP3 ini kami ingin mengajak kepada seluruh kaum muslimin & muslimat untuk menjadi orang-orang yang terpilih, sehingga benar-benar dapat menikmati indahnya menyambung tali silaturahmi di dunia dan di akhirat. Amin amin yarobbal’alamin.

DOWNLOAD : BAGIAN 1 | BAGIAN 2

 
 
MENCARI IMAN, CINTA DAN KEINDAHAN DIBALIK KISAH ISTIMEWA ISRA' MI'RAJ : Begitu indah dan istimewanya perjalanan Isro-mi'roj, mempesonakan hati yamg mencari-cari keteduhan dibalik penghambakan kepada Allah SWT. Menghadirkan renungan dalam makna sambung komunikasi dengan Allah Yang Maha Agung yang terurai dalam kekhusukan dalam Sholat.
 
Dimulai dari kebingungan Rasullah SAW untuk bersalam kepada Allah SWT, hingga Allah SWT mewahyukan salam yang tepat dari hamba untukNya yaitu Attahiyyatul mubarokatush sholawaatuth thoyyibaatu lillah(salam sejahtera yang penuh barokah dan salam sejahtera yang amat baik adalah milik Allah SWT Kemudian salam itu diabadikan dalam Sholat yang di bawa oleh Rasulullah SAW dari perjalanan Isra Mi'raj. Hingga seorang hamba yang menghadap kepada Allah SWT didalam sholat ia harus mengucapkan salam tersebut untuk keabsahan sebuah penghambaan dan penghadapan.
 
Setelah bersalam kepada Allah sang pencipta,ternyata tidak cukup penghadapan seorang hamba kepada Allah SWT jika yang dihadirkan adalah hanya penggalangan jalinan baik kepada Allah SWT saja. Akan tetapi seorang hamba harus melanjutkan bacaan tasyahudnya dan mengucapkan, Assalamu alaika ayyuhannabiyyu warahmatullahi wabarokatuh(Salam sejahtera,barokah dan rahmat Allah semoga terlimpah kepadamu wahai Nabi Muhammad SAW).
 
Sholat yang merupakan ibadah yang di gambarkan sebagai penghadapan seorang hamba kepada Allah SWT akan tetapi justru disaat lagi khusuk-khusuknya kepada Allah SWT, seorang hamba harus mengingat makhluk agung Rasulullah SAW di dalam sholatnya. (Ya rasulallah… langkah agungnya dirimu… diasaat kami manghadap penciptamu …ternya penghadapan kamipun tidak di anggap benar jika kami tidak mengingatmu dan mengucapkan salam kepadamu.

DOWNLOAD : BAGIAN 1 | BAGIAN 2

 
 
KEFAQIRAN YANG TERSEMBUNYI "TAMAK" : Kekayaan yang sesungguhnya adalah bukan disaat terpenuhinya semua keinginan anda, akan tetapi kekayaan yang sesungguhnya adalah di saat anda tidak lagi mempunyai keinginan dalam urusan dunia ini. Banyak orang mencari kebahagiaan dibalik tumpukan uang atau rumah dan mobil mewah. Akan tetapi alangkah banyaknya orang yang telah mendapatkan semua itu namun kebahagiaan pun tidak segera kunjung menjelangnya. Dan alangkah banyaknya orang yang hidupnya serba paspasan namun keceriaan senantiasa menghiasi hidupnya. Artinya memang dunia ini bukan ukuran untuk sebuah kebahagiaan.
 
Ada sebuah virus ganas yang akan menjadikan si kaya seperti seorang yang tidak mempunyai apa-apa dan seorang berilmu pun seperti orang yang sangat bodoh. Lebih dari itu virus ini akan membuat program baru dalam prilaku manusia hingga munculah manusia jahat di tempat yang orang menduga tidak boleh ada kejahatan disitu. Saudara jahat dengan saudara dengan berebut waris, seorang ustadz curang menggunakan uang yayasan untuk kepentingan pribadi dan para pejabat pengayom rakyat justru memakan uang rakyat. Itulah orang yang terjangkit virus “TAMAK” kefaqiran yang tersembunyi.
 
Dalam MP3 ini Al Ustadz Yahya Zainul Ma'arif Hafidzahullah akan mengajak kita untuk berhijrah meninggalkan kefaqiran menuju hakekat kekayaan dan kebahagiaan dengan bersuri tauladan kepada manusia terkaya dan terbahagia Rasulullah SAW.

DOWNLOAD : BAGIAN 1 | BAGIAN 2

 
 
MERAJUT CINTA BERSAMA SYAHID KARBALA "IMAM HUSAIN" : eberapa besar kecintaan kita terhadap Rasulullah SAW, Ahlul bait dan para sahabatnya ?. Keberanian Imam Husain RA (cucu Rasulullah SAW) sebagai Syahid Karbala. MP3 ini mengajak melestarikan kecintaan kepada ahlu bait Rasulullah SAW. Al Ustadz Yahya Zainul Ma'arif Hafidzahullah mengajak kita pergi ke tengah padang Karbala untuk tersenyum dan menitikan air mata bersama Imam Husain RA, menyaksikan sebuah perjuangan membela kemuliaan dan menyaksikan kematian yang menghidupkan hati yang telah mati yaitu “Mati Dalam Kesyahidan”.

DOWNLOAD : BAGIAN 1 | BAGIAN 2

 
 
MEMBINA KEHARMONISAN RUMAH TANGGA (MEMPERSIAPKAN MENUJU RUMAH TANGGA) : Kebahagiaan, keindahan dan keharmonisan rumah tangga adalah harapan setiap keluarga, tentunya yang harus dilakukan adalah bagaimana mempersiapkan diri membangun sebuah keluarga dan menjaga keindahannya. Dalam MP3 ini Al Ustadz Yahya Zainul Ma'arif Hafidzahullah mengantar kita untuk mewujudkan keluarga yang indah dengan bangunan cinta kepada Allah SWT dan Rosulullah SAW. MP3 ini terdiri dari dua pembahasan , bagian pertama Al Ustadz Yahya Zainul Ma'arif Hafidzahullah memaparkan bagaimana seharusnya mempersiapkan menuju rumahtangga, dan pada bagian yang kedua bagaimana menjaga keharmonisan rumah tangga.

DOWNLOAD : BAGIAN 1 | BAGIAN 2

 
 
MENDIDIK ANAK DI MASA PUBERTASanggung jawab orang tua di hadapan Allah sangatlah besar. Jangan lihat anak sebagai nikmat saja tetapi lihatlah juga ia sebagai amanat Allah SWT. Banyak orang yang lalai akan amanat ini hingga nikmat yang selama ini dinanti kehadirannya berubah menjadi bencana di dunia dan di akhirat karena ia telah lalai dan salah dalam mendidik anak. Ini adalah salah satu Episode Al Ustadz Yahya Zainul Ma'arif tentang mendidik anak. Mendidik anak sebelum terlahir, di saat dalam kandungan, di saat terlahir, di saat mulai bisa berbicara, di saat tamyiz, di saat memasuki masa pubertas dan di saat anak melakukan kesalahan. 

DOWNLOAD : BAGIAN 1 | BAGIAN 2

 
 
MENJAGA KEHARMONISAN RUMAH TANGGA DENGAN NAFAKAH YANG HALAL : MP3 ini memuat kita menggapai kebahagiaan dalam rumah tangga  dengan “Nafakah Yang Halal”, dalam upaya membuat perubahan  untuk generasi abad ini agar bisa menjalankan tanggung  jawab dalam rumah tangga dengan masyarakat yang benar dalam  menggapai ridho Allah SWT.

DOWNLOAD : BAGIAN 1 | BAGIAN 2

 
 
KEMULYAAN WANITA DALAM ISLAM : Membahas tentang kemulyaan wanita-wanita didalam perspektif kesempuaan agama Islam. Didalam MP3 ini dijelaskan dengan sangat indah dan lugas sekaligus memberi sanggahan terhadap rancangan undang-undang kesetaraan gender maupun pihak-pihak yang memperjuangkan kesetaraan gender.

DOWNLOAD : BAGIAN 1 | BAGIAN 2
 

 
 
MENGHILANGKAN SIFAT DENGKI : Dengki merupakan sifat yang tercela didalam Islam, sikap tidak senang melihat orang lain bahagia dan berusaha untuk menghilangkan nikmat tersebut. Ini adalah cerminan dari akhlak yang buruk. Seorang muslim yang ingin hidup indah dan damai bersama agama yang dibawa Nabi Muhammad SAW harus menghilangkan sifat dengki dalam dirinya. 

DOWNLOAD : BAGIAN 1 | BAGIAN 2
 

 
 
MENGHILANGKAN SIFAT SOMBONG :  Seseorang yang memiliki sikap sombong akan selalu memandang dirinya berada di atas kebenaran, dan merasa lebih daripada yang lainnya. Sifat sombong tidak pantas bagi seorang muslim. Ia merupakan pakaian Allah yang tidak boleh dipakai oleh seorang hamba. 

DOWNLOAD : BAGIAN 1 | BAGIAN 2

 

Related posts

Download Kitab Fiqih dan Fatawa Madzhab Syafi’iyah

admin

MP3 Islami Kajian Salafiyah Al Ustadz Yahya Zainul Ma’arif Hafidzahullah

admin

Download Rekaman Kajian dan Dialog di Balikpapan : Internalisasi Nilai Aswaja

admin

Download Kitab Fiqih dan Fatawa Madzhab Syafi’iyah (2)

admin
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com