Media Islam dan Muslim Store No. 1 Balikpapan
Warta Dalam Kota

DPRD Balikpapan Belum Lakukan Pembahasan APBD

MADINATULIMAN.COM – Kondisi APBD Balikpapan yang pas-pasan dibenarkan Ketua Komisi I DPRD Balikpapan Syukri Wahid. Namun, terkait rencana pemberian bantuan hibah untuk pembangunan Kantor Polres, Kodim, dan Pangkalan TNI AL disebut menunggu kesepakatan politis. Tentunya itu akan diketahui melalui pandangan fraksi-fraksi dan pembahasan oleh Badan Anggaran (Banggar).

“Untuk saat ini belum ada sikap dari DPRD apakah nanti membantu atau tidak. Karena belum ada pembahasan soal itu. Fraksi PKS juga belum ada. Barangkali seminggu atau dua minggu lagi baru ada pembahasan soal itu (APBD 2015),” terangnya.

Menurutnya, usulan bantuan hibah untuk instansi vertikal bisa berasal dari pemerintah kota melalui SKPD yang dipimpin wali kota. Jika tidak ada usulan itu, bisa saja diusulkan melalui kesepakatan politis oleh DPRD. “Tapi sampai saat ini belum ada pembahasan soal bantuan hibah ini,” tambahnya.

Ia menambahkan, yang perlu digarisbawahi adalah pemberian bantuan hibah diperbolehkan. DPRD sudah konsultasi ke Kementerian Dalam Negeri. Namun, sebelum pemberian bantuan harus dilakukan crosscheck ada tidaknya alokasi dari APBN. “Jika tidak ada, maka pemerintah kota bisa membantu,” pungkasnya.

Seperti diketahui, ada kucuran Rp 2 miliar dari APBD Perubahan untuk penyusunan Detail Engineering Design (DED) renovasi Kantor Polres, Kodim, dan pembangunan Pangkalan TNI AL. Meski belum diketahui besaran pastinya, diperkirakan kebutuhan anggaran untuk pembangunan fisik lebih dari Rp 50 miliar.

Ada wacana APBD Kota akan ikut membiayai kebutuhan anggaran yang seharusnya ditanggung APBN tersebut. Padahal, kondisi anggaran tengah pas-pasan. Selain itu, masih banyak proyek pemkot yang butuh anggaran besar. Sebut saja Stadion Balikpapan Tahap III yang masih kurang Rp 442 miliar dari total kebutuhan Rp 599 miliar. Juga pembangunan Balikpapan Islamic Center (BIC) tahap I yang masih kurang Rp 190 miliar dari total kebutuhan Rp 329 miliar. (*/rsh/tom/k8/KALTIMPOS)

Related posts

Siswa Membeludak, Disdik Balikppan Keluhkan Masalah Lahan

admin

Tabligh Akbar Sayyid Seif Alwi di Islamic Centre Balikpapan Dibatalkan

admin

Disdik Balikpapan Berharap Sekolah Tidak Memberikan PR kepada Siswa

admin

Kapolda Kaltim, Komunitas Off-Road dan Ibu-Ibu Bhayangkari Bagi-Bagi Takjil

admin

Tarif Rapid Tes Balikpapan 300-400 Ribu, Edaran Kemenkes Dianggap Tidak Cocok

admin

SMKN 4 Balikpapan Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW

admin
SILAHKAN BERTANYA
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com