Media Islam Madinatul Iman Balikpapan
Berita Nusantara Pilihan Utama

Edaran MUI terkait Vaksin MR Belum Memiliki Label Halal

MADINATULIMAN.COM –  Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia ( MUI) KH. Ma’ruf Amin memastikan, pihaknya sedang membahas persoalan pro kontra mengenai vaksin Measles dan Rubella (MR). “Kami sedang membicarakannya. Insya Allah tidak ada masalah krusial soal itu,” ujar Kiai Ma’ruf saat dijumpai di Istana Presiden, Jakarta, Rabu (1/8/2018) sebagaimana dilansir Kompas.

KH. Ma’ruf Amin sekaligus membenarkan bahwa MUI belum memberikan vaksin itu dengan label halal. Meski demikian, KH. Ma’ruf Amin mengatakan bahwa meskipun belum diberikan label halal, sebuah obat atau vaksin tetap dapat digunakan masyarakat dengan metode yang lain.

Dalam edaran MUI terkait vaksin MR belum didaftarkan untuk proses sertifikasi halal. Berikut isi edaran MUI tertanggal 25 Juli 2018 tersebut :

“Selanjutnya kami sampaikan bahwa menindaklanjuti laporan dari berbagai daerah dan informasi dari berita di media massa yang isinya terkait pernyataan pejabat Kementerian Kesehatan bahwa Vaksin Measles Rubella (MR) yang akan digunakan sebagai imunisasi telah dinyatakan halal atau diperbolehkan penggunaannya oleh Majelis Ulama Indonesia berdasarkan surat dari Komisi Fatwa DP MUI Nomor U-13/MUI/KF/VII/2017, maka Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia menyampaikan hal-hal sebagai berikut:

1. Tidak benar MUI telah menyatakan bahwa vaksin MR halal atau boleh digunakan. Sampai saat ini vaksin MR bahkan belum didaftarkan untuk proses sertifikasi halal. Apabila ada pejabat pemerintah yang menyatakan bahwa vaksin MR sudah dinyatakan halal atau dibolehkan penggunaannya oleh MUI, maka hal itu adalah pernyataan yang tidak benar dan masuk dalam kategori kebohongan publik.

2. Surat dari komisi fatwa tidak menyatakan kehalalan vaksin MR atau kebolehan penggunaannya. Secara tegas surat tersebut menyatakan bahwa kehalalan vaksin MR merupakan syarat utama adanya dukungan dari komisi fatwa terhadap imunisasi MR.

3. Imunisasi merupakan bagian dari upaya pengobatan yang sangat dianjurkan oleh agama Islam. Namun demikian, ajaran agama Islam mewajibkan penggunaan obat-obatan/vaksin yang halal. Oleh karena itu, kepastian kehalalan vaksin MR sebelum dilakukan imunisasi merupakan bagian dari keimanan dan keyakinan umat Islam yang harus dilindungi, sesuai amanat UUD tahun 1945.

4. Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia sekali lagi mengimbau kepada Kementerian Kesehatan untuk tunduk dan patuh tehadap kententuan peraturan perundang-undangan khususnya UU No. 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal.

Dalam laman ala Dokter dipaparkan bahwa Vaksin MR merupakan kombinasi vaksin campak atau Measles (M) dan Rubella (R). Vaksin MR (vaksin campak dan rubella) diberikan untuk mencegah terjadinya penyakit yang disebabkan oleh virus campak dan rubella (campak jerman). Seperti diketahui, campak dan rubella merupakan penyakit infeksi menular yang disebabkan oleh virus. Penularan kedua penyakit ini biasanya melalui saluran napas, terutama dari kontak langsung dengan penderita yang terinfeksi melalui batuk atau bersin.

Campak dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan menyebabkan demam, ruam, batuk, pilek, dan mata merah serta berair. Campak juga kerap menyebabkan komplikasi serius seperti infeksi telinga, diare, pneumonia, kerusakan otak, dan kematian. Sementara rubella atau campak Jerman merupakan infeksi virus yang menyebabkan demam, sakit tenggorokan, ruam, sakit kepala, mata merah dan mata gatal.

Rubella kerap terjadi pada anak-anak dan remaja. Kendati ringan, virus ini bisa memberi dampak buruk pada ibu hamil yang tertular, yakni menyebabkan keguguran, bayi terlahir mati, atau bahkan cacat lahir serius pada bayi seperti kebutaan dan tuli. Program pemberian imunisasi vaksin MR ini bertujuan untuk mencegah infeksi rubella saat kehamilan yang dapat menyebabkan bayi lahir dengan penyakit kelainan bawaan.

Download Edaran MUI : Edaran MUI terkait vaksin MR

Related posts

Jangan Gunakan Masjid untuk Sarana Propaganda

admin

Info Lokasi Shalat Idul Fitri 1439 Muhammadiyah Balikpapan

admin

Ada Kesalahpahaman Serius Tentang Konsep Khilafah

admin

Ulama al-Azhar Ingatkan Tiga Prinsip Cegah Terorisme

admin

Pesona Indah Masjid Madinatul Iman Islamic Centre Balikpapan Kaltim

admin

Fatwa Resolusi Jihad 22 Oktober Lahirkan Hari Pahlawan Nasional

admin
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Share info ke kami