Media Islam dan Muslim Store No. 1 Balikpapan
Berita Internasional

Eid Habta, Tradisi Jelang Idul Fitri di Oman

MADINATULIMAN.COM (Muscat) – Ratusan warga dari berbagai penjuru Oman berkerumun di pasar hewan tradisional Eid Habta, bersemangat menjual dan membeli ternak dalam hiruk pikuk lelang di tengah harga ternak yang sedang meroket.
 

Eid Habta dimulai sejak enam hari sebelum Idul Fitri. Di pasar tradisional yang sudah berabad-abad diselenggarakan itu, orang-orang Oman yang hendak menjual atau membeli ternak sudah berkumpul sejak pagi hari.

Orang-orang dari berbagai desa di Oman berdesak-desakan, menawar dan menjatuhkan harga pada kambing, domba, dan sapi siap angkut yang harganya bahkan bisa lebih mahal dari ternak impor.

Menurut artikel Fahad Al Mukrashi di laman Times of Oman, lelang ternak bisa dilakukan di lingkaran area khusus.

Pedagang yang terlibat dalam jual beli ternak itu mengaku mendapatkan banyak keuntungan. Pelelang juga mendapatkan tak kurang dari 300 riyal Oman per hari (1 riyal Oman sekitar Rp26.700).

Harga kambing di Eid Habta bisa mulai dari 60 riyal Oman sementara harga jadi setiap ternak bisa sampai antara 250 riyal Oman sampai 1.200 riyal Oman.

Meski jumlah kambing yang dijual jauh lebih banyak dibandingkan dengan jenis ternak yang lain, harganya tetap tinggi di Eid Habta yang diselenggarakan di wilayah Bahla.

Harga maksimal satu kambing tercatat 246 riyal Oman dan harga satu sapi paling tinggi 550 riyal Oman di Eid Habta Bahla.

Sementara di Pasar Eid Habta yang diselenggarakan di Ibra selama enam hari berturut-turut menjelang Idul Fitri, harga kambing berkisar antara 120 riyal Oman dan 208 riyal Oman.

Pasar-pasar ternak tradisional Eid Habta tetap menarik banyak orang karena warga Oman katanya lebih memilih membeli ternak lokal karena kualitas dan rasanya lebih baik. Mereka menyebutnya "lembut dan nikmat."

Dr Saeed Al Kaabi, Ketua Otoritas Publik untuk Perlindungan Konsumen (Public Authority for Consumer Protection/PACP), menyebut pasar Eid Habta sebagai warisan berusia ratusan tahun yang sudah menjadi bagian dari tradisi Oman.

Ia mengatakan, otoritas tidak punya rencana untuk menutup pasar tradisional tempat warga Oman berdagang ternak itu, namun akan mempersiapkan upaya untuk mengendalikan harga dan melakukan inspeksi reguler.

Pasar Eid Habta biasanya diselenggarakan di wilayah Ibri, Bahla, Rustaq, Nizwa, Seeb, Ibra, Sur, Jaalan, Fanja, Suwaiq, Buraimi, Khasab, Sohar and Izki.

Di Pasar Eid Habta, orang-orang juga bisa membeli apapun yang mereka butuhkan untuk memasak, termasuk daun pisang kering untuk membungkus daging, saus botolan, dan Halwa Oman. (Antara)

Related posts

Waspadai Tujuh Modus Kejahatan di Tanah Suci

admin

Demonstrasi 30 Juni adalah Demonstrasi Terbesar Dalam Sejarah Mesir

admin

Pameran Budaya Islam China Digelar di Istanbul Turki

admin

MUI : Isu Belaka, Jika Saudi Berani Hancurkan Makam Nabi Akan Dimusuhi Dunia

admin

Militer Serukan Demo Jumat Depan Setelah Jelaskan Kondisi Mesir

admin

Kereta Api Cepat Makkah-Madinah Beroperasi 2014

admin
SILAHKAN BERTANYA
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com