Media Islam Madinatul Iman Balikpapan
Fatwa Ulama Islam

Fatwa Seputar Memfoto dan Memajang Foto

MADINATULIMAN – Al-‘Allamah Syaikh ‘Ali Jum'ah pernah ditanya mengenai pandangan syariat Islam berhubungan dengan memajang foto kedua orang tua. Dalam jawabannya, Syaikh ‘Ali Jumu’ah mengatakan bahwa memajang foto adalah diperbolehkan selama tertutup auratnya. Berikut jawaban beliau:

 

Mengambil gambar manusia atau hewan dengan memfotonya, serta memajangnya adalah dibolehkan. Hal itu tidak dianggap menyamai hak penciptaan yang hanya dimiliki Allah yang pelakunya diancam dengan siksaan yang berat. Kebolehan ini berlaku bila foto tersebut tidak termasuk jenis pornografi atau jenis lain yang dapat membangkitkan syahwat. 
 
Maksud dari larangan menggambar yang pelakunya diancam dengan siksaan yang berat –sebagaimana disebutkan dalam suatu hadis– adalah membuat patung secara sempurna yang di dalamnya terealisasi maksud dari menyamai hak penciptaan yang hanya dimiliki Allah SWT.
 
Memfoto meski dapat dikatakan sebagai suatu kegiatan membuat gambar, akan tetapi ia tidak diharamkan karena di dalamnya tidak terdapat 'illat (sebab hukum) seperti dalam membuat patung. Dalam suatu kaidah dikatakan 
 
الحكم يدور مع علته وجودًا وعدمًا
"Suatu hukum berlaku sesuai dengan ada-tidaknya 'illat hukum tersebut" 
 
Foto pada hakekatnya adalah proses menahan bayangan suatu obyek, sehingga tidak dapat dikatakan sebagai menggambar kecuali dalam makna kiasan. Dalam tataran penetapan hukum, yang menjadi pedoman adalah hakekat suatu perbuatan bukan nama yang digunakan.
 
Berdasarkan pertanyaan dan penjelasan di atas, maka secara syarak dibolehkan untuk memajang foto kedua orang tua Anda dengan tujuan mulia tersebut (agar orang yang melihatnya mendo'akannya, penj), jika gambar ibu di foto tersebut dalam keadaan tertutup auratnya. Hukum ini tidak membedakan antara foto yang sempurna ataupun tidak. Jadi tidak seperti yang dikatakan sebagian orang kepada Anda, bahwa hal itu adalah diharamkan. []
 
Wallahu subhânahu wa ta'âlâ a'lam.[]

Related posts

Larangan Menganggap Sesuatu Sebagai Pembawa Sial

admin

Pidato Lengkap Grand Syekh Al-Azhar Ahmad Muhammad ath-Thayyib di Indonesia

admin

Hukum Memperingati Hari Besar Islam menurut Ulama

admin

Hukum Memperingati Hari Ibu adalah Dibolehkan

admin

Pelecehan Mubtadi’ terhadap Manhaj, Aqidah dan Ulama Al Azhar

admin

Do’a dan Shadaqah Bermanfaat bagi yang Hidup maupun Mayyit

admin
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Share info ke kami