Media Islam Madinatul Iman Balikpapan
Kemajemukan

FKUB Balikpapan: Keamanan Wilayah Terjamin Kalau Umat Beragama Rukun

MADINATULIMAN – Dalam 8 tahun perjalanannya, banyak hal yang telah dilakukan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dalam turut menciptakan kondusivitas keamanan suatu daerah.
 

Sebagai forum yang dibentuk masyarakat dan difasilitasi oleh Pemerintah dalam rangka untuk membangun, memelihara dan memberdayakan umat beragama, FKUB antara lain bertugas melakukan dialog dengan para pemuka agama, menampung aspirasi umat beragama dan menyalurkannya dalam bentuk rekomendasi yang disampaikan kepada pemerintah setempat dalam pengambilan kebijakan, seperti pemberian rekomendasi tertulis atas pendirian rumah ibadah.

Selain tugas-tugas tersebut, FKUB khususnya FKUB Kota Balikpapan selama ini juga mempunyai andil besar dalam memandu umat beragama di Kota Balikpapan agar mempunyai komitmen kuat untuk menjadikan Balikpapan sebagai kota yang nyaman dihuni dalam bingkai Madinatul Iman.

Demikian disampaikan Ketua FKUB Kota Balikpapan Abdul Muis Abdullah dalam acara Sosialisasi dan Rapat Kerja FKUB Kota Balikpapan Tahun 2013 yang digelar Rabu (24/4) di Aula Rumah Jabatan Wali Kota Balikpapan.

“Sosialisasi ini sebagai salah satu bagian dari tugas FKUB yang berisi penyampaian peraturan perundang-undangan serta kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan kerukunan umat beragama,” ungkap Muis.

Sedangkan Raker yang pada tahun ini merupakan raker kedua, bertujuan untuk menentukan garis-garis besar program kerja FKUB Kota Balikpapan berdasarkan Peraturan Bersama Menteri Agama RI dan Menteri Dalam Negeri RI.

Usai menyerahkan bantuan hibah sebesar 400 juta rupiah kepada FKUB Kota Balikpapan, Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi atas nama Pemerintah Kota Balikpapan menyampaikan apresiasinya kepada penguruss FKUB Kota Balikpapan atas penyelenggaraan acara tersebut.

Lebih lanjut Rizal mengungkapkan pentingnya untuk selalu menjaga kerukunan umat beragama baik kerukunan umat dalam satu agama, antar agama maupun kerukunan umat beragama dengan pemerintah.

“Kerukunan umat beragama sifatnya sangat dinamis, dapat berubah sewaktu-sewaktu. Dalam satu agamapun terdapat beberapa aliran yang sangat mungkin menimbulkan gesekan-gesekan. Untuk itu kerukunan umat beragama harus selalu dipelihara dalam sebagai salah satu cara untuk menjamin keamanan dan kenyamanan di Kota Balikpapan,” ungkap Rizal.

“Dan dalam penyelesaian kasus-kasus gesekan agama, pemerintah harus sangat berhati-hati dan penuh pertimbangan, karena hal ini juga berkaitan dengan kebebasan beragama yang merupakan bagian dari HAM. Untuk itu Saya berharap FKUB dapat membantu pemerintah dalam penyelesaian kasus-kasus yang  dapat terjadi sewaktu-waktu,” harap Rizal.(hms/nov, foto: rey,yud)

Sumber: balikpapan.go.id
Foto Ilustrasi: Google

Related posts

STIT Balikpapan Kaltim Memiliki Tiga Program Studi Unggulan

admin

Forum Komunikasi Paguyuban Balikpapan (FKPB) Gelar Halal Bihalal

admin

Keluarga besar Kerukunan Bubuhan Banjar Kaltim (KBBKT) Kota Balikpapan

admin

Tingkatkan Kerukunan Antar Umat, FKUB Gelar Dialog dan Buka Bersama

admin

Mengenal Suku Banjar

admin

Paguyuban Ngesti Tunggal (Pangestu) Balikpapan : Saling Menghargai

admin
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com