Media Islam Madinatul Iman Balikpapan
Tausiyah

HM Roem Arbain ; Segera Tunaikan Zakat, Infaq dan Shadaqah

 

Segera Tunaikan Zakat, Infaq dan Shadaqah
Oleh: HM Roem Arbain(Ketua BAZ Balikpapan)
 
Agama Islam, adalah agama yang memiliki berbagai kelebihan , yang membuktikan bahwa ia benar-benar berasal dari sisi Allah , dan merupakan risalah Rabbaniyah terakhir yang abadi . Diantaranya adalah , kemampuannya melebihi zaman , lalu dengan penuh perhatian , islam berusaha menyelesaikan masalah kemiskinan dan mengayomi kaum papa , tanpa didahului oleh revolusi atau gerakan menutut hak-hak kaum miskin .
 

Perhatian Islam terhadap kaum miskin , todaklah bersifat sesaat , tetpi secara terus menerus bahkan hingga akhir zaman . Tidaklah mengherankan , kalau zakat yang di syariatkan Allah sebagai penjamin hak fakir miskin dalam harta umat dan Negara , merupakan pilar pokok Islam ketiga , dan menjadi salah satu tiang dan syiar-Nya yang agung .
 
Dalam sebuah hadist  , dari Ibnu Umar , Rasulullah Saw Bersabda
 
Islam dibangun atas lima tiang pokok , yaitu bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah dan Muhammad Rasulullah , mendirikan shalat , membayar zakat , berpuasa pada bulan Ramadhan , dan naik haji bagi yang mampu . (HR.Muslim)
 
Al-Qur’an menjadikan Ibadah penunaian zakat, berinfaq dan bersedekah, sebagai salah satu karakter orang beriman, pemurah, baik dan takwa. Sebaliknya, ia menjadikan sikap enggan bersedekah dan membayar zakat, sebagai salah satu ciri orang munafiq. Membayar zakat adalah bukti keimanan dan ketulusan, seperti dinyatakan sebuah hadist sahih “ zakat adalah bukti keimanan “. Di samping itu , kewajiban membayar zakat juga merupakan garis pemisah antara muslim dan kafir, iman dan nifak, serta takwa dan durhaka.
 
Dalam riwayat yang lain Rasullah saw bersabda :
 
“ kukuhkanlah harta – harta kalian dengan zakat , bekalilah orang – orang sakit dengn sedekah , dan hadapilah semua gelombang bencana dengan do’a dan memohon ( serta merendahkan diri kepada Allah ) . ( HR . Abu Daud )
 
Tanpa membayar zakat, seseorang tidak dapat dianggap masuk kedalam kelompok orang yang beriman, dan untuk orang-orang yang gemar membayar zakat, untuk mereka Allah telah tuliskan kemenangan bagi mereka, dan di jamin masuk ke dalam surga firdaus : Allah berfirman “
 
“ sesunggguhnya beruntunglah orang – orang yang beriman , ( yaitu ) orang – orang yang khusus’ dalam sholat dan orang-orang yang menjauhkan diri dari perbuatan dan perkataan yang tidak berguna dan orang – orang yang menunaikan zakat …. ( al-mukminun : 1-4 )
 
Islam mengancam mereka yang enggan membayar zakat , dengan hukuman yang berat , baik hukuman di dunia , maupun hukuman di akhirat . Imam Bukhari merawaikan dari Abu Hurairah . Rasullah saw bersabda : “ siapa yang diberi Allah karunia harta , lalu tidak mengeluarkan zakatnya , akan menerima hukuman . Pada hari kiamat seekor ular botak dengan dua kelenjar bisa dimulutnya , akan melingkari tubuhnya , kemudian melilit leher dan dua rahangnya seraya berkata “ sayalah harta simpananmu” .
 
Jumhur Ulama mengatakan , akal sehatpun mendukung wajibnya zakat yang disyari’atkan Al-qur’an , hadist Nabi maupun Ijma’ . Hal ini sebagaimana yang di katakan oleh Al-kasani dalam buku Al-Bada’i :
 
Pertama, Menunaikan zakat merupakan upaya untuk menolongkaum lemah, membantu orang yang membutuhkan pertolongan, dan menopang mereka yang lemah , agar mampu melaksanakan apa yang di wajibkan Allah swt dalam segi tauhid dan ibadah .
 
Kedua, Membayar zakat dapat membersihkan diri pelakunya dari berbagai dosa, dan menghaluskan budi pekerti, sehingga menjadi orang yang pemurah. Seperti diketahui, secara alami manusia yang cenderung kikir, dengan mengeluarkan zakat, jiwanya akan dilatih bersikap pemurah, senang melaksanakan amanah, serata senantiasa memenuhi setiap hak orang lain .
 
Ketiga,Allah swt akan melimpahkan rahmat dan karuniaNya kepada orang yang gemar berazakat, berinfaq dan bersedekah. Serta akan dimudahkan Allah, atas berbagai urusannya, baik di dunia maupun di akhirat .
 
Semoga Allah akan lebih banyak memberikan rezki kepada kita agar kita semua menjadi hamba Allah yang gemar berzakat , berinfaq dan bersedakah, sehingga kita benar – benar termasuk golongan kaum beriman, dan mendapatkan curahan rahmat dari Allah Swt . Amin Ya robbal Alamin.(*han/BALIKPAPANPOS)

Related posts

H Sugianto (Ketua Komisi Dakwah MUI Balikpapan) ; Rahasia Shaum

admin

H. Abdul Muis (Ketua MUI Balikpapan) ; Puasa Ramadhan & Loyalitas Keimanan

admin

KH Muhammad Idris (Ketua MUI Balikpapan) ; Ramadhan Bulan Tarbiyah

admin

Ust. Imam Warosyi ; Jika Membayar Zakat Fitrah Berupa Uang

admin

KH Jailani Mawardi (Ketua Komisi Fatwa) ; Introspeksi Diri di Bulan Ramadhan

admin

Menyikapi Saling Hujat karena Beda Pilihan Politik dalam Islam

admin
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Share info ke kami