Media Islam Madinatul Iman Balikpapan
Ubudiyah

Hukum Mengadzankan Bayi dalam Kitab Kuning

MADINATULIMAN.COM – Mengadzankan bayi yang baru lahir telah menjadi kebiasaan umat Islam di Indonesia, bahkan mayoritas umat Islam didunia pun melakukannya. Sebab dahulu, Rasulullah SAW pun mengadzani telinga kanan cucunya (Husein bin Ali).

Adzan dan Iqamah memang dikumandangkan untuk penggilan shalat, tetapi dikumandangkan pula pada momentum tertentu. Ulama ada yang mensunnahkan mengkumandangkan adzan saat menguburkan jenazah, hendak mengadakan safar (bepergian), saat ditimpa kesusahan, takutan, saat perang berkecamuk, kebakaran, dan sebagainya. [Lihat Tuhfatul Muhtaj 8/51].

Berkaitan dengan mengadzakan bayi yang baru lahir, demikian pula mengkumandangkan iqamah, Syaikh Al-Bakri Syatha' Ad-Dimyathi didalam kitabnya I'anatuth Thalibin (syarh Fathul Mu'in) menjelaskan:

و يسن الاذان والاقامة في اذني المولود ،ويكون الاذان في اليمنى والاقامة في اليسرى. وذالك لما قيل : ان من فعل به ذالك لم تضره ام الصبيان، اي التابعة من الجن، وليكون اول ما يقرع سمعه حال دخوله في الدنيا الذكر. و يشترط في المؤذن ان يكون ذكرا مسلما،و في المولود ان يكون ولد مسلم لان الاذان من جملة احكام الدنيا و اولاد الكفار معاملون معاملة ابائهم فيها وان ولدوا على الفطرة.
"Disunnahkan adzan dan iqamah pada kedua telinga bayi yang baru dilahirkaa, adzan dikumandangkan ditelinga kanan dan iqamah ditelinga kiri… sungguh barangsiapa yang melakukan hali ini maka bayi yang baru lahir tersebut akan jauh dari gangguan jin (Ummu Shibyan, nama jin), dan sebaiknya pertama kali hal yang didengar oleh bayi yang baru dilahirkan didunia adalah dzikir. Disyaratkan bagi muadzin adalah seorang laki laki yang muslim, dan bayi yang dilahirkan adalah anak orang Islam, karena adzan adalah bagian dari hukum-hukum dunia, dan anak-anak orang kafir biasanya berbuat seperti apa yang dilakukan oleh orang tuanya didunia walaupun ia dilahirkan dalam keadaan suci".

Oleh : Abdurrohim

Related posts

Isi Khutbah Setelah Shalat Gerhana

admin

I’tikaf Boleh Kapan Saja, 10 Terakhir Ramadhan Lebih Ditekankan

admin

Puasa Arafah 9 Dzulhijjah Bukan Didasarkan Wukuf Orang yang Berhaji

admin

Tatacara Shalat Tasbih Riwayat Ibnu Abbas dan Ibnu Mas’ud

admin

Penyebab Do’a Tidak Dikabulkan dan Adab Dalam Berdo’a

admin

Dua Golongan Yang Wajib Mengqadla Puasa dan Membayar Fidyah

admin
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com