Media Islam Madinatul Iman Balikpapan
Warta Dalam Kota

Hutan kemasyarakatan Sungai Wain Balikpapan Terima 5000 Bibit Tanaman

MADINATULIMAN – Hutan kemasyarakatan (HKM) Sungai Wain yang terletak di Km 20, Kelurahan Karang Joang, Balikpapan Utara menerima sebanyak 5000 bibit tanaman dari Kebun Raya Bogor-LIPI. 5000 bibit yang terdiri dari jenis karet, aren, banggeris, sengon merah dan merbau, diserahkan kepada  10 kelompok tani HKM Sungai Wain.
 

Direktur Unit Pelaksana BPHLSW dan DAS Manggar Purwanto mengatakan, penyerahan bibit ini merupakan tindak lanjut dari serangkaian kegiatan HKM Sungai Wain sejak dilakukan beberapa waktu lalu mulai dari pelatihan budidaya tanaman sampai pada penyusunan program HKM Sungai Wain. Dimana pihak Kebun Raya Bogor telah menyiapkan sebanyak 5000 biji tanaman untuk dilakukan pengembangan teknologi persemaian.

 
"Biji ini akan ditanam dan dikembangkan di Kebun Raya Balikpapan untuk selanjutnya dilakukan penyerahan hasil bibit kepada kelompok tani agar dilakukan penanaman," ujarnya, Jumat (12/10/2012).
 
Pihak Pertamina unit pemasaran Kalimantan kata Purwanto, juga akan membantu warga dengan membangunkan persemaian untuk menampung bibit-bibit yang akan dikembangkan lebih lanjut.
 
Diketahui, HKM Sungai Wain merupakan HKM pertama di Provinsi Kaltim yang ditetapkan Menteri Kehutanan RI pada Maret 2011, dan telah dikeluarkan ijin terhadap 10 kelompok tani. Berbagai upaya terus ditingkatkan guna mendukung pelaksanaan pembangunan hutan kemasyarakatan ini. [kaltim.tribunnews.com]

Related posts

Disdik Kota Balikpapan Berlakukan Sertifikasi Baca-Tulis Al-Quran

admin

Kantor BNN Balikpapan Dipadati Siswa Yang Menginginkan SKBN

admin

Masjid Al Hikmah dan Masjid Ahmad Dahlan Segera Urus IMB-nya

admin

Embarkasi Haji Balikpapan Dilengkapi Media Center

admin

Ponpes Modern Ibadurrahman Kukar Sembuhkan Pacandu Narkoba

admin

Pemerintah Kota Balikpapan Kekurangan 3.000 Pegawai

admin
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com