Media Islam Madinatul Iman Balikpapan
Islam Balikpapan

Ijtima’ Ulama II MUI Balikpapan : ZISWAF, Fiqhiyyah Mu’ashirah dan Qanuniyyah

MADINATULIMAN – Sebagai upaya untuk merespon berbagai masalah kehidupan masyarakat, sosial dan keagamaan yang aktual di Kota Balikpapan, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Balikpapan menggelar Ijtima' Ulama II di Aula Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan, Selasa (18/12).
 

Acara bertema Dengan Ukhwah Islamiyah Kita Wujudkan Balikpapan Sebagai Kota Madinatul Iman dibuka  secara resmi oleh Wali Kota Balikpapan, H. Rizal Effendi. Dalam Ijtima’ Ulama II ini dibahas materi-materi yang terbagi dalam tiga wilayah hukum.

Pertama, masalah Strategis Kebangsaan yang  meliputi pemberdayaan dana umat (ZISWAF) dalam membangun sinergi program bagi organisasi pengelolaan zakat untuk mengentaskan kemiskinan dan dakwah Islamiyah, penguatan dukungan untuk menumbuhkembangkan ekonomi syari’ah, dan memantapkan kerukunan umat beragama Balikpapan dalam bingkai Madinatul Iman.

Kedua, masalah Fiqhiyyah Mu’ashirah (masalah fikih kontemporer), meliputi pemberlakuan Sertifikat Halal bagi makanan, restoran/rumah makan, lokasi pemakaman bagi muslim, dana umat Islam (zakat, infaq, shodaqoh) yang ditempatkan pada rekening perbankan syariah, hukum ngelem, dan zakat 2,5% dari BPIH yang akan dibayar yang dikeluarkan oleh calon jamaah haji.

Ketiga, masalah hukum (Qanuniyyah), meliputi penghentian ijin operasional THM dan karaoke, pemantapan pelaksanaan Perda Miras, pembahasan kembali penutupan lokalisasi Km 17 dan tempat PSK lainnya di Kota Balikpapan, pengislaman dan pembinaan muallaf, payung hukum untuk konsep Madinatul Iman melalui Perda, peningkatan pendidikan agama Islam di sekolah, gerakan belajar antara Magrib dan Isya, serta mewajibkan dapat baca tulis Al Quran bagi umat Islam di lingkungan sekolah.

Diharapkan dengan kegiatan Ijtima’ Ulama ini dapat memberikan kotribusi positif para Ulama kepada Umara sebagai pelaksana pemerintahan.(hms/hen/balikpapan.go.id)

DOKUMENTASI FOTO IJTIMA' ULAMA MUI KOTA BALIKPAPAN : KLIK DISINI

Related posts

Habaib dan Ulama Bersatu di Majelis Nurul Khairat Lil-Muhibbin

admin

Tarawih Pertama Ramadlan bersama Habib Nauval bin Mahmud Al Balghaets

admin

Pembukaan MTQ Ke-43 Digelar di Halaman MUI Balikpapan

admin

Kemenag Balikpapan : Rasulullah Meningkatkan Ibadah di Bulan Sya’ban

admin

Fatayat NU Balikpapan Kembali Dipimpin Herni Elsafitri

admin

Pelantikan Pejabat Eselon IVa di Kemenag Kota Balikpapan

admin
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Share info ke kami