Media Islam Madinatul Iman Balikpapan
Ubudiyah

Kedua Tangan Saat Qunut, Dirapatkan atau Direnggangkan?

MADINATULIMAN.COM – Qunut didalam shubuh merupakan salah satu sunnah didalam shalat, termasuk dari sunnah ab'adl shalat. Meninggalkan qunut didalam shalat shubuh, baik sengaja atau tidak sengaja, disunnahkan ditutupi dengan sujud syahwi.

Dalam melakukan do'a qunut, disunnahkan pula mengangkat kedua tangan. Mengangkat kedua tangan nampak seperti hal yang kecil, tetapi ulama menaruh perhatian khusus didalam hal ini. Mereka (ulama) banyak membahas hukum mengangkat kedua tangan saat qunut, bahkan apakah usai qunut disunnahkan mengusap ke wajah atau tidak, itu pun tidak lepas daripada bahasan ulama.

Dan salah satu yang menjadi bahasan ulama terkait dengan mengangkat tangan saat qunut adalah kedua tangan dirapatkan atau direnggangkan.

Bahasan ini dijelaskan oleh Syaikh Ali Ba-Shabrain dalam kitab Itsmidul 'Ainain fii Ba'dli Ikhtilafi al-Syaikhain. Istilah al-Syaikhan didalam pembahasan hadits merujukn kepada Imam al-Bukhari dan Imam Muslim, namun didalam fiqh, istilah al-Syaikhan disini merujuk kepada Imam Ibnu Hajar al-Haitami dan Imam Ar-Ramli.

مسألة]: يسن رفع اليدين في نحو القنوت، ويتخير بين إلصاقهما وتفريقهما عند (حج) و (م ر) ولصقهما مع بعضهما أولى عند (م ر) وعبد الرؤوف
Sebuah persoalan: disunnahkan mengangkat kedua tangan didalam semisal qunut, dan boleh memilih antara menempelkan kedua tangan dan memisahkan (merenggangkan) kedua tangan, ini menurut Imam Ibnu Hajar dan Imam Ramli, sedangkan menempelkan kedua tangan disertai sebagian keduanya itu lebih utama (aula) menurut Imam Ramli dan Abdur Rauf.

// AR

Related posts

Risalah Ramadhan (5) ; Ragam Do’a Ketika Berbuka Puasa

admin

Tatacara Shalat Gerhana Matahari dan Bulan

admin

Bacaan Shalat Gerhana Setiap Berdiri (Qiyam)

admin

Membaca Al-Qur’an untuk Orang Mati

admin

Ternyata Adzan Tidak Hanya Dikumandangkan Untuk Panggilan Shalat

admin

Isi Khutbah Setelah Shalat Gerhana

admin
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Share info ke kami