Media Islam Madinatul Iman Balikpapan
Islam Balikpapan Pilihan Utama

Kemenag Balikpapan Gelar Seminar Nasional Pendidikan Madrasah

MADINATULIMAN.COM – Kantor Kementerian Agama Kota Balikpapan menggelar seminar nasional pendidikan madrasah di hotel Bena Kutai Balikpapan (29/4).
 
Acara yang dihadiri para guru madrasah se Kota Balikpapan dan sekitarnya menghadirkan narasumber Direktur Pendidikan Islam Kementerian Agama Prof. Dr. H. Phil Kamaruddin Amin, MA, dengan dipandu oleh Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur Sofyan Noor.

 
Dirjen menjelaskan  bahwa pendidik atau guru bukan hanya semata-mata mengajar, karena kalau hanya mengajar maka kita akan tergeser dan dikalahkan dengan informasi tekhnologi.
 
Fungsi seorang guru adalah mendidik, mengedukasi, memberi semangat, membentuk kepribadian, membentuk karakter peserta didik dan yang terpenting adalah bagaimana guru dapat membuat siswanya dapat berkembang dengan baik.
 
”Substansi tugas guru adalah membentuk karakter siswa “ ujarnya.
 
Dalam pembentukan karakter Dirjen Pendis mengatakan harus diawali dengan cara menghargai diri kita sendiri, seperti dengan tindakan, sikap dan perbuatan yang disiplin, tidak boleh bohong atau jujur dan integritas.
 
Selain itu yang juga sangat penting adalah guru mengajarkan pada siswa untuk selalu menghargai orang lain dengan tidak mengambil hak-hak orang lain, tambahnya.
 
Guru diharapkannya dapat menjadi teladan dalam segala hal, karena siswa sangat pandai meniru apa yang kita lakukan atau sangat penurut dengan apa yang kita ajarkan.
 
Ada tiga hal yang harus dimiliki pada generasi millennial yaitu karakter , memiliki literasi dan kompetensi.
 
Karakter terbagi dua, yaitu karakter moral adalah beriman, bertaqwa, jujur, baik hati, tidak sombong dan karakter kinerja adalah disiplin, total, pejuang, pekerja keras, rajin, karakter ini harus kita ajarkan pada setiap siswa dan keduanya harus seimbang.
 
Usai paparan, acara dilanjutkan dengan dialog dan Tanya jawab yang dipandu Kakanwil yang didampingi Kabid Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Kaltim Ahmad Ridani dan Kakankemenag Balikpapan Hakimin. (rd/KemenagKaltim

Related posts

Tanah Longsor di Ponpes Asy-Syifa Balikpapan Butuh Bantuan

admin

NU Balikpapan Tidak Ada Hubungannya dengan ANNAS

admin

DMI Balikpapan Tengah dan Majelis Ta’lim Gelar Pertemuan Rutin

admin

Imam dan Khatib Idul Adlha 1439 H di Islamic Centre Balikpapan (BIC)

admin

Ini Bantahan Majelis Al-Wafa bi ‘Ahdilah Soal Beredarnya Hoax Penangkapan Habib Umar bin Hafidz

admin

Pengurus MUI Kota Balikpapan Periode 2016-2021

admin
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Share info ke kami