Media Islam dan Muslim Store No. 1 Balikpapan
Warta Dalam Kota

Kemenag Balikpapan : Nilai Zakat Fitrah Masih Sama Seperti Tahun Lalu

MADINATULIMAN – Masyarakat Balikpapan sudah bisa membayar zakat fitrah tahun ini. Sebab, nilainya sudah ditetapkan. Ada dua ketegoti zakat fitrah, pertama untuk masyarakat yang mengongsumsi beras mencapai Rp10 ribu per kilogramnya, maka zakat fitrah yang harus dibayarkan Rp25 ribu.

 

Sedangkan masyarakat yang bisa mengonsumsi beras dengan harga mencapai Rp12 ribu per kilogram, zakat fitrah yang wajib dibayarkan juga bertambah, Rp30 ribu. Penetapan ini disampaikan Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kota Balikpapan, H Saifi Zuhri MPd. “Sama seperti tahun lalu, Rp25 ribu dan Rp30 ribu,” ujar Saifi kepada Balikpapan Pos, Rabu (1/8) kemarin.
 
Dia mengungkpakan, penetapan zakat fitrah tahun 1433 H ini berdasarkan diskusi Kemenag bersama Majelis Ulama Indonesia, Badan Amin Zakat (BAZ) dan  Dinas Perindustrian Perdaganan dan Koperasi (Disperindagkop) Pemkot Balikpapan.
 
Menurutnya, ketetapan besaran zakat fitrah disesuaikan dengan harga beras yang masyarakat konsumsi setiap harinya.  Atau jika mereka mengonsumsi beras yang harganya di atas atau di bawah nilai tersebut, dapat pula menyesuaikan. Karena memang ketentuan besaran zakat fitrah, merupakan beras yang dikonsumsi mereka sehari-harinya.
 
“Jadi misalnya kalau ada yang mengonsumsi beras Rp8 ribu per kilo, berarti zakat fitrah mereka Rp20 ribu, atau jika lebih besar dari itu, maka nilainya lebih lagi,” papar mantan Kepala Kemenag Kabupaten PPU ini.
 
Selain itu, dirinya mengimbau kepada unit pengumpul zakat untuk tidak melakukan praktek jual beli beras zakat di dalam masjid. “Memang biasanya orang yang ingin berzakat tidak membawa beras, melakukan akad jual beli di dalam masjid. Seharusnya hal ini tidak boleh, karena di dalam masjid dilarang untuk transaksi jual beli,” tegas Saifi.
 
Dan kepada kaum muslimin,memang dibolehkan menunaikan zakat dengan uang tunai langsung diterima oleh UPZ setelah mengucapkan niat untuk mengeluarkan zakat fitrah sesuai jiwa yang ingin dibayarkan.
 
“Memang menurut Imam Hanafi, salah satu ulama mazhab membolehkan zakat uang secara langsung, jadi tidak usah lagi jual beli beras di dalam masjid,” harapnya.(han/BALIKPAPANPOS)

Related posts

Pemerintah Lelang Proyek Jalan Tol Balikpapan-Samarinda

admin

Besaran Zakat Fitrah Di Balikpapan Adalah Rp. 25 Ribu dan Rp. 30 Ribu

admin

Kisruh Kepengurusan Masjid Agung At-Taqwa Balikpapan Karena Salah Paham

admin

Kebakaran Balikpapan, 266 Jiwa Kehilangan Tempat Tinggal : Walikota Minta Maaf

admin

Tanah Longsor di Ponpes Asy-Syifa Balikpapan Butuh Bantuan

admin

Siswa Membeludak, Disdik Balikppan Keluhkan Masalah Lahan

admin
SILAHKAN BERTANYA
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com