Media Islam dan Muslim Store No. 1 Balikpapan
Islam Balikpapan

Kemenag Balikpapan : Rasulullah Meningkatkan Ibadah di Bulan Sya’ban

MADINATULIMAN – Malam nishfu Sya'ban (4/7/), puluhan ribu umat muslim di Balikpapan menyambut tibanya malam Nisfu Syaban. Usai salat Magrib, hampir seluruh mesjid hingga musala menggelar pengajian dengan membaca surah Yasin dilanjutkan dan salat tasbih usai menunaikan salat Isya berjamaah.

 

Seperti yang terlihat di Masjid At-Taqwa di kawasan Klandasan.  Sore hari, masjid agung sudah ramai didatangi jamaah yang akan melaksanakan salat Magrib. Sehingga ruang utama masjid  tidak mampu menampung jamaah. Terutama anak-anak.
 
Pantauan Balikpapan Pos jamaah yang datang untuk menyambut malam Nisfu Syaban ada dari mereka yang membawa makanan dan minuman untuk diambil berkah. Terlepas dari perdebatan, tujuannya sama-sama melaksanakan ibadah dan mendekatkan diri pada Allah SWT.
 
Kegiatan di pertengahan  bulan Syaban ini menjadi momentum sekaligus menandakan bahwa tidak lebih dari 15 hari lagi umat Islam akan menyambut bulan suci Ramadan 1433 Hijriyah. Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Balikpapan, H Saifi Juhri MPd mengatakan bahwa Rasulullah SAW pada bulan Syaban dalam sejaragnya memang terus meningkatkan amal ibadahnya, baik amalan yang wajib, hingga sunah.
 
“Karena memang Rasulullah menyebutkan bahwa bulan Syaban adalah bulanku atau Syahrii, sedangkan bulan Rajab adalah Syahrullah (bulan Allah, Red). Sementara bulan Ramadan adalah Syahrul Ummati, yaitu bulan umatku,” ujar Syaifi saat dihubungi Balikpapan Pos, tadi malam.
 
Menurut Saifi, di bulan Syaban ini, Rasulullah sengaja semakin meningkatkan amal ibadahnya. Kepada umatnya dijarkan untuk mengikuti langkahnya dalam beribadah, terlebih di saat Ramadan tentunya ada peningkatakan ibadah yang lebih terasa berebda, yakni dengan diwajibkannya kaum muslimin berpuasa.
 
“Jadi malam ibadah di bulan Syaban ini, tidak hanya malam Nisfu Syaban saja, tetapi disunnahkan seluruh malam di bulan Syaban. Untuk itulah, malam ini sebagai persiapan kepada kaum muslimin untuk memasuki Ramadan yang tinggal hitungan hari,” papar mantan Kepala Kemenag Kabupaten PPU ini.
 
TUNGGU SIDANG ITSBAT
 
Terkait penetapan awal Ramadan, Saifi menyebutkan bahwa pihaknya masih menunggu keputusan sidang itsbat yang akan digelar Kamis (19/7) malam. Dari sidang yang diipimpin Menteri Agama (Menag) tersebut, akan diketahui lapora masing-masing daerah terkait dengan hilal (bulan baru). Apakah sudah sudah terlihat atau belum.
 
“Setelah sidang istbat lalu dirapatkan bersama MUI dan ormas Islam, meskipun dari ormas Muhammadiyah sudah menetapkan bahwa awal Ramadhan 1433 H pada hari Jumat 20 Juli mendatang,” jelas Syaifi.
 
Meski demikian, dirinya berharap seluruh umat Islam di Kota Beriman, jika nantinya terjadi perbedaan awal Ramadan hendaknya saling menghormati. Tidak menjadikan perbedaan sebagai pemecah kesatuan umat Islam.
 
“Kalau kami berharap yang namanya awal dan akhir Ramadan itu bersamaan, makanya kami mengimbau kepada seluruh kaum muslimin untuk bersama-sama. Dan jikapun berbeda untuk saling menghormati keyakinan masing-masing,” harapnya.
 
Dan jelang Ramadan ini, Saifi mengingatkan kaum muslimin Balikpapan untuk memersiapkan fisik dan mental mereka dalam menjalankan ibadah puasa. Ramadhan, lanjutnya, adalah bulan ujian bagi seluruh kaum muslimin, mereka harus menahan lapar dan dahaga serta godaan hawa nafsu.
 
“Diminta juga untuk menghidupkan malam-malamnya dengan ibadah salat tarawih, tadarus Alquran dan amalan sunah lainnya yang pahalanya dinilai seperi pahala menjalankan ibadah wajib di bulan lainnya,” pungkas Saifi.(han/balikpapanpos,5/7/12)

 

Related posts

Habib Umar bin Hasan Bahasyim di Ash-Shiddiq

admin

TK Al–Mu’min Balikpapan Gelar Baksos di Panti Asuhan Al-Mu’min

admin

Kaltimpos : Infrakstuktur Memadai di Ponpes Modern Al Muttaqien Balikpapan

admin

Ponpes Syaikh Muhammad Arsyad Al Banjari Balikpapan Pencetak Ulama

admin

Imam dan Khatib Idul Adlha 1439 H di Islamic Centre Balikpapan (BIC)

admin

Pegawai Majelis Agama Islam Johor Sambangi Ponpes Al-Muttaqien Balikpapan

admin
SILAHKAN BERTANYA
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com