Media Islam Madinatul Iman Balikpapan
Kaltim News

Kemenag Malinau : Zakat Fitrah sebesar Rp. 36.250 per orang

MADINATULIMAN.COM (Malinau) – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Malinau melalui Kasubbag Tata Usaha Sarwani, S.Ag yang mewakili Kepala Kantor dalam memimpin rapat penentuan besaran Zakat Fitrah dan zakat Maal/Harta bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Malinau Senin, 23 Juni 2014, yang dihadiri oleh Ketua MUI Drs. H. Edy Marwan, M.Si dan Dewan Fatwa MUI Malinau serta Tokoh Agama dan Pengurus Masjid serta Organisasi Keagamaan Islam se Kabupaten Malinau.

Dalam rapat yang dipimpin oleh Kasubbag Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kab. Malinau tersebut di dahului pemaparan oleh ibu Agustina-Prindagkop yang mengulas perkembangan harga pasar termasuk bahan pokok dan Emas dipasaran Malinau, selanjutnya oleh Ketua MUI dan Dewan Fatwa yang mengulas dasar hukum pelaksanaan Zakat, baik Zakat Fitrah, Maal/Harta serta seluruh jenis tanaman dan binatang ternak yang wajib untuk dikeluarkan zakatnya, hal ini memberikan pemahaman dan pengertian kepada seluruh peserta dalam rangka penerapan zakat dimasyarakat.

Adapun kadar Zakat Fitrah 1435 H./2014 M. yang berlaku untuk wilayah Kabupaten Malinau Malinau adalah: 2,5 kg. beras /jiwa jika diuangkan maka yang harus dikeluarkan adalah sebesar Rp. 36.250/jiwa dengan berpatokan harga beras tertinggi di Kabupaten Malinau yakni Rp. 14.500,/kg. dan untuk Zakat Maal berupa Emas Murni dengan perhitungan harga Emas dipasar Malinau sebesar Rp.530.000,/gram dan dikali 85 gram maka diperoleh harga Rp.45.050.000,- sehingga wajib dikeluarkan 2,5% adalah sebesar Rp. 1.126.250,- hal ini tentunya berdasarkan kesepakatan bersama dan di amini dari seluruh peserta rapat. Selanjutnya dari hasil rapat tersebut langsung ditungkan dengan dengan dikeluarkannya Surat Keputusan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabaupaten Malinau, dengan nomor 96 tahun 2014. selanjutnya akan disampaikan ke Masyarakat Malinau untuk dipedomani.(srw/kemenagkaltim)
 

Related posts

Diseminasi Terhadap Kelembagaan RA/Madrasah di Aula MIN Teluk Lingga

admin

Kemenag PPU: Pentingnya Manajemen Profesional Tempat Ibadah

admin

Pada Milad ke-1, SEBARKAN Beri Santunan 1000 Anak Yatim di Islamic Centre

admin

MTQ Kaltim: Ustadz Maulana Berikan Tausiyah dan Pimpin Doa Bersama

admin

Pondok Pesantren Al-Banjari Penajam Gelar Acara Pelepasan Santri

admin

Kaltim Raih 6 Medali Kompetisi Sains Madrasah di Makassar

admin
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp BAGI INFO KE KAMI