Media Islam dan Muslim Store No. 1 Balikpapan
Berita Nusantara

Ketua Komisi Fatwa MUI Ma’ruf Amin Menolak Sertifikasi Ulama Usulan BNPT

MADINATULIMAN – Untuk mencegah maraknya paham radikal di masyarakat, Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) usul perlu ada sertifikasi ulama. Namun, Majelis Ulama Indonesia tidak setuju dengan wacana ini. Ketua Komisi Fatwa MUI Ma’ruf Amin menegaskan predikat ulama didapat dari pengakuan masyarakat, bukan pemerintah. Seseorang disebut ulama jika diakui masyarakat.
 

“Untuk apa sertifikasi seperti ini. Sertifikat ulama ini dari masyarakat, bukan dari pemerintah. Jadi, tidak perlu sertifikasi seperti itu,” jelasnya sesaat tadi (Sabtu, 8/9), sebagaimana yang diberitakan oleh Rakyat Merdeka Online.

 
Ma’ruf mengatakan, selama ini pihaknya sudah aktif dalam mencegah tumbuhnya paham-paham terorisme. Salah satunya, MUI sudah mengeluarkan fatwa haram bom bunuh diri dan aksi teror. MUI juga pernah membentuk Tim Penanggulangan Terorisme. Namun ini sekarang sudah dihapus setelah ada BNPT.
 
“MUI menganggap sudah ada institusi pemerintah yang menanggulanginya. Tapi saya tidak tahu institusi itu sekarang efektif atau tidak,” sindir Ma’ruf.
 
Untuk menanggulangi aksi teror, lanjutnya, pemerintah harus lebih aktif mensosialisasikan deradikalisasi. Pemerintah bisa kerja sama dengan MUI agar kerjanya lebih efektif.
 
“Tapi, secara kelembagaan, lebih ada kerja sama itu. MUI jalan sendiri, pemerintah juga sendiri,” tandasnya. (dem/RMOL/DAKWATUNA)

Related posts

Ketua Umum MUI: Khilafah Ditolak Karena Langgar Kesepakatan

admin

Pembangunan Masjid Agung Said Aqil Siraj di Tanah Tidung Dimulai

admin

Muslimat NU Makassar Bantu Korban Kebakaran

admin

Komentar Sejumlah Ormas Islam Terkait Syi’ah dan Konflik Sunni-Syi’ah

admin

Bos Djarum Tidak Gengsi Makan di Warung Meskipun Berharta Rp 522 Triliun

admin

Subhanallah, Solo Jadi Kota Shalawat Pertama di Indonesia

admin
SILAHKAN BERTANYA
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com