Media Islam Madinatul Iman Balikpapan
Kaltim News

Ketua MUI PPU KH Rifai Remba Ajak Umat Persiapkan Diri Untuk Ramadlan

MADINATULIMAN (Penajam) – Untuk meningkatkan keimanan umat Islam memasuki bulan Ramadan 1434 Hijriyah, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Penajam Paser Utara KH Rifai Remba mengimbau kepada umat untuk menyiapkan diri. Selain itu  menjaga kesehatan agar dapat menjalankan ibadah puasa dengan baik dan lancar, sehingga pada momentum bulan suci ini benar-benar  membawa hikmah sesuai harapan dan tujuan bulan Ramadan itu sendiri bagi umat Islam.
 

Rifai mengatakan itu pada saat menyampaikan khutbah Jumat di Masjid Al Amin Nipahnipah. Dikatannya, umat Islam sebaiknya menyiapkan diri sebelum memasuki bulan yang penuh berkah.

“Bulan puasa sebentar lagi datang di tengaht-engah umat Islam, karena itu harus lebih banyak menggunakan waktu untuk beribadah, karena bulan ini adalah bulan yang mulia, penuh dengan rahmat dari Allah SWT,” kata Rifai.

Betapa banyaknya keberkahan pada bulan itu, segala sesuatu menyangkut ibadah akan dipermudah dan dilipatgandakan balasannya dan dibuka lebar segala pintu ampunan. Ramadan itu bagaikan bazar pahala yang diharapkan dapat mengubah perilaku kehidupan pasca Ramadan nanti.

Namun sebelum memasuki bulan bazar ibadah ini harus memiliki modal yang cukup, meningkatkan hubungan harmonis diantara sesama,  “Banyak ibadah yang diberikan kepada umat Islam, baik menjelang masuknya bulan puasa maupun saat pelaksanaan bulan Ramadan, namun yang terpenting bagaimana mengaplikasikan semua itu dalam kehidupan selanjutnya,” pesannya.

Dengan memberdayakan bulan Rajab dan Sya’ban untuk melakukan segala persiapan menyambut bulan Ramadan. Hikmah puasa Ramadan yang dapat dipetik antara lain,  meningkatkan ketaqwaan, meningkatkan rasa syukur atas segala nikmat Allah, dan bagi umat Islam yang berpuasa menyibukkan hatinya dengan pikiran positif dan melakukan zikir.  

Sementara manfaat puasa Ramadan merupakan terapi detoksifikasi atau pembersihan racun dari dalam tubuh, memperbaiki fungsi hormon dan meningkatkan fungsi organ tubuh, mendorong pergantian sel-sel tubuh yang rusak atau peremajaan.  

Selain itu pula, dirinya meminta agar kegiatan kegiatan ibadah terus berjalan baik yang dilaksanakan pada masjid, langgar maupun tempat ibadah lainnya. “Mari kita isi masjid, langgar, dengan ibadah pada bulan Ramadan nanti,” ajaknya.(hms7/ind/kpnn/balikpapanpos)

Related posts

Diseminasi Terhadap Kelembagaan RA/Madrasah di Aula MIN Teluk Lingga

admin

Surat Edaran Gubernur Kaltim Tentang Jam Kerja ASN di Bulan Ramadhan 1440 H

admin

Dakwah Santun NU Balikpapan Menjadi Modal Utama

admin

Pengajian Tahun Baru Islam Akan Digelar di Islamic Centre Nipah-Nipah

admin

MUI Penajam Paser Utara (PPU) Kecam Keras Pengguna Narkoba dan Miras

admin

Quick Count LSI: Awang Faroek-Mukmin Faisyal Menangi Pilgub Kaltim

admin
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp BAGI INFO KE KAMI