Media Islam Madinatul Iman Balikpapan
Berita Nusantara Pilihan Utama

Ketua Umum MUI: Khilafah Ditolak Karena Langgar Kesepakatan

MADINATULIMAN.COM – Ketua Umum MUI (Majelis Ulama Indonesia) KH. Ma’ruf Amien mengatakan, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah bentuk final yang sudah disepakati oleh para pendiri bangsa. Karena itu upaya mengganti bentuk negara seperti khilafah merupakan pelanggaran terhadap kesepakatan.

“Mengapa khilafah ditolak di Indonesia? Karena melanggar kesepkatan (mitsaq),” tegas Kiai Ma’ruf di depan peserta Halaqah Ulama Pencegahan Radikalisme dan Terorisme di Jateng di Hotel Syariah Jalan Adisucipto Solo, Rabu (18/7/2018).

Menurut Kiai Ma’ruf Amin, apakah Islam Indonesia dengan di Arab Saudi sama atau tidak? Ada kesamaanya ada juga perbedaanya.

Kesamaannya, kata Kiai Ma’ruf karena sama-sama bersumber pada Al-Qur’an dan Hadits. Tidak sama karena umat Islam di Indonesia mempunyai kesepakatan berupa Pancasila dan NKRI. “Karena itu Islam di Indonesia Islam kaffah maal mitsaq (Islam dengan kesepakatan),” tegas Kiai Ma’ruf.

Menurutnya Indonesia bukan negara Islam juga bukan darul harbi (negara perang). Boleh memperjuangkan ajaran Islam tetapi dengan mematuhi kesepakatan berupa aturan dan konstitusi. “Memperjuangkan dengan teror itu bukan jihad. Jihad juga bukan teror,” tegas ulama yang juga Ra’is Am Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) tersebut.

Dalam situasi perang, jihad diartikan perang. Namun dalam situasi damai seperti di Indonesia artinya islah yaitu membangun atau memperbaiki di segala bidang. “Membangun madrasah, kesehatan, sosial, ekonomi itu semua jihad,” katanya.

Acara tersebut dibuka Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dihadiri pengurus MUI se-Jateng, unsur pondok pesantren, Ormas Islam dan perguruan tinggi. Selain Kiai Ma’ruf Amin, menjadi pembicara halaqah Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Wuryanto, dan Prof Dr Kuswinarno Kepala Balai Litbang Agama Semarang. (Zulfa/Muiz/NUON)

Related posts

Surabaya Targetkan Bersih dari Lokalisasi Prostitusi

admin

Pemerintah Tetapkan Idul Adlha 1435 H Jatuh pada 5 Oktober 2014

admin

Darussalam Dengan 10500 Santri di “Serambi Makkah”-nya Kalimantan

admin

SDN 001 Balikpapan Selatan Peringati Tahun Baru Islam 1440 H

admin

Gus Azmi Lantunkan Lagu Ya Lal Wathan dan Mars Banser di Balikpapan Bershalawat

admin

Ketua LDNU Balikpapan Mengaku Bahagia Ada Peringatan Hari Santri Nasional

admin
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Share info ke kami