Media Islam Madinatul Iman Balikpapan
Tausiyah

KH Muhammad Idris (Ketua MUI Balikpapan) ; Ramadhan Bulan Tarbiyah

Oleh : Drs. KH.M. Idris. S ( Ketua MUI Balikpapan )
 
“Barang siapa menyambut gembira dengan datangnya bulan Ramadhan  maka Tuhan akan membebaskan dia dari neraka jahannam “ ( Hadist )
 
Judul dalam tulisan ini adalah kalimat yang disampaikan sang Nabi sebagai ungkapan rasa kegembiraan yang mendalam atas kedatangan bulan suci Ramadan. Untuk itu,  karena kita sebagai pengikut dan pecinta Nabi maka ungkapan “tahniah” itu juga kita kumandangkan sebagai bentuk kesiapan umat merespon hadirnya Ramadhan ditengah-tengah kita
 
Mengapa sang Rasulullah SAW sedemikian gembiranya sampai mengucapkan kalimat Tahniah itu? Patut dipahami bahwa Ramadan itu memuat banyak kebaikan dan pula didalamnya terdapat nilai-nilai pendidikan  yang akan mampu membentuk kualitas Insan Kamil bagi setiap insan untuk dapat bermanfaat dalam hidupnya di dunia ini maupun di akhirat kelak.
 
Ramadan akan membawa seperangkat nilai-nilai pendidikan kemanusiaan yang bila diuji dan dilaksanakan secara benar akan mengantar kehidupan manusia menuju ketenangan dan kedamaian, sementara untuk kehidupan akhirat akan meringankan manusia dari pertanggungan jawaban atas seluruh nikmat Tuhan yang diterima manusia.  Untuk lebih lengkapnya kita simak bagaimana khutbah Rasulullah SAW  agar kita dapat meresapi dan merespon  dengan antusias :
 
“Wahai manusia !sesungguhnya telah datang kepada kalian bulan Allah dengan membawa berkah, rahmat dan ampunan. Bulan yang paling mulia di sisi Allah. Dibulan ini nafas-nafasmu menjadi tasbih, tidurmu bernilai ibadah, amal-amalanmu diterima dan doa-doamu dikabulkan.
 
Bermohonlah kepada Tuhanmu dengan niat yang tulus dan hati yang suci agar Ia membimbingmu untuk melakukan puasa dan membaca kitab-Nya. Celakalah orang yang tidak mendapatkan ampunan  Allah dibulan yang agung ini.
 
Kenanglah rasa lapar dan hausmu dengan kelaparan dan kehausan di hari kiamat. Bersedekahlah kepada kaum fakir dan miskin. Muliakanlah orang-orang tuamu, sayangilah yang muda, sambunglah tali persaudaraanmu, pilihara lisanmu, jagalah pandanganmu dari apa yang tidak halal kamu memandangnya, dan pendengaranmu dari sesuatu yang tak layak kamu mendengarnya.
 
Kasihanilah anak-anak yatim, niscaya dikasihi manusia anak-anak yatimmu. Bertobatlah pada Allah akan dosamu. Angkatlah tangan-tanganmu untuk berdoa pada waktu sholatmu karena itulah saat-saat yang paling utama ketika Allah memandang hamba-hambanya dengan penuh kasih, Dia akan menjawab mereka ketika menyeru-Nya, menyambut mereka ketika mereka memanggilnya, dan mengabulkan mereka ketika mereka memohon kepada-Nya.
 
Wahai manusia!Sesungguhnya diri-dirimu tergadai karena amal-amalmu, maka bebaskanlah dengan beristifar. Punggungmu berat karena beban berat dosamu, maka ringankanlah dengan memperpanjang sujudmu.
 
Ketahuilah!Allah telah bersumpah dengan segala kebesaran-Nya bahwa Dia tidak akan menyiksa orang-orang yang sujud, dan tidak akan mengancam mereka dengan neraka pada saat manusia berdiri dihadapan Tuhannya.
 
Wahai manusia !Barang siapa diantara kalian memberi buka kepada orang yang berpuasa pada bulan itu, maka nilainya sama dengan orang  yang berpuasa pada bulan itu, maka nilainya sama dengan orang yang membebaskan budak dan dia mendapat ampunan atas dosa yang dilakukan pada masa lalu. Sahabat-sahabatnya bertanya, “Wahai Nabi, Apakah kami semua mampu berbuat demikian?”. Nabi menjawab. “Jagalah dirimu dari api neraka walaupun hanya dengan memberi sebiji kurma. Peliharalah dirimu dari api nerak meskipun hanya memberi seteguk air.
 
Wahai manusia !Siapa yang membaguskan akhlaknya dibulan ini ia akan berhasil melewati titian shiroth pada hari ketika kaki-kaki tergelincir. Barang siapa meringankan pemeriksaan-Nya di hari kiamat. Barang siapa menahan kejelekannya dibulan ini, Allah akan menahan kemarahan-Nya pada saat ia berjumpa dengan-Nya. Barang siapa memutuskan kekeluargaan dibulan ini, Allah akan memutuskan rahmat-Nya pada saat ia berjumpa dengan-Nya.
 
Barang siapa yang menyambungkan tali persaudaraan dibulan ini, Allah akan menhubungkan dia dengan rahmat-Nya pada hari ia berjumpa dengan-Nya. Barang siapa melakukan sholat sunnat dibulan ini, Allah akan menuliskan baginya kebebasan dari api neraka. Barang siapa yang melakukan sholat fardhu untuk ganjaran tujuh puluhsholat fardhu dibulan yang lain.
 
Barang siapa memperbanyak sholawat kepadaku dibulan ini, Allah akan memberatkan timbangannya pada hari ketika timbangan meringan. Barang siapa membaca satu ayat Al-Quran, ganjarannya sama seperti orang yang menghatamkan Al-Quran pada bulan yang lain.
 
Wahai manusia !Sesungguhnya pintu-pintu surga telah dibentangkan untukmu, maka mohonlah kepada Tuhanmu agar Ia tidak lagi menutupnya untukmu. Pintu-pintu neraka ditutup maka mohonlah agar Ia tidak lagi membuka-Nya untukmu. Setan-setan dibelenggu maka mohonlah kepada Tuhanmu agar tidak lagi mengendalikanmu”.
 
Dari rangkaian ulasan ini, menjadi  jelas bagi kita bahwa Ramadhan datang ketengah-tengah umat, adalah dalam rangka untuk lebih banyak memberikan pendidikan ( tarbiyah) untuk menyongsong menjadi umat yang berkualitas, cerdas serta Taqwa hanya kepada Allah SWT, semoga kita semua benar-benar menjadi seorang muslim yang mampu menjadi pelopor muslim lainnya dalam menyiarkan Agama Islam di alam semesta ini.(*BALIKPAPANPOS)

Related posts

HM Roem Arbain ; Segera Tunaikan Zakat, Infaq dan Shadaqah

admin

Menyikapi Saling Hujat karena Beda Pilihan Politik dalam Islam

admin

H. Abdul Muis (Ketua MUI Balikpapan) ; Puasa Ramadhan & Loyalitas Keimanan

admin

KH Anas Muchtar (Ketua MUI Bidang Fatwa) ; Ramadan Bulan Pertaubatan

admin

KH Jailani Mawardi (Ketua Komisi Fatwa) ; Introspeksi Diri di Bulan Ramadhan

admin

Redaksi Khutbah Idul Adlha untuk Para Khatib

admin
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com