Media Islam Madinatul Iman Balikpapan
Islam Balikpapan

KH. Thobary Syadzily: Umat Islam Harus Toleran Sikapi Perbedaan Awal Puasa

MADINATULIMAN – Awal Ramadlan 1434 Hijriyah kemungkinan akan jatuh pada Rabu 10 Juli 2013 berdasarkan kriteria Imkanur Rukyah. Sebab tinggi Hilal hanya 0,257 derajat diatas ufuk pada 8 Juli 2013. Sehingga belum bisa di lihat / dirukyah meskipun menggunakan teropong atau teleskop. Oleh karena itu, kemungkinan akan terjadi perbedaan antara dua ormas besar Islam yaitu NU dan Muhammadiyah yang telah menentapkan awal puasa Ramadlan jatuh pada Selasa 9 Juli 20013 berdasarkan kritera Wujudul Hilal.
 

Demikian inti yang disampaikan oleh KH. Thobary Syadzily selaku narasumber pada kegiatan Rapat Koordinasi Lembaga Dakwah Islamiyah se-Balikpapan dan Sosialisasi Hisab Rukyat dengan tema: "Menyatukan Persepsi Dakwah dibulan Suci Ramadlan 1434 H/ 2013 M Menuju Balikpapan Dalam Bingkai Madinatul Iman", Rabu (7/3).

Menurut, anggota Komisi Fatwa dan Hukum Kota Tangerang Banten itu, perhitungan antara NU dan Muhammadiyah sebenarnya sama, namun perbedaan terjadi karena berbeda dalam memahami dalil dan keduanya memiliki kriteria yang berbeda dalam menentukan awal Ramadlan.

KH. Thobary Syadzily yang juga Ketua Laznah Al Falaqiyah PW NU Provinsi Banten itu juga menghimbau agar umat Islam bersikap toleran dan saling menghargai dalam menyikapi perbedaan serta mengedepankan ukhuwah Islamiyah. Sebab utama-utamanya iman adalah sabar dan bersikap toleran.

Adapun awal Syawal atau 'Idul Fitri 1434 H, menurut Pengasuh Pondok Pesantren "Al Husna" Tangerang Banten itu kemungkinan akan bersamaan antara dua ormas besar Islam NU dan Muhammadiyah. Sebab tinggi hilal pada Rabu Pon 7 Agustus 2013 adalah 3,6 derajat diatas ufuk sehingga sudah bisa di lihat atau dirukyah dengan menggunakan teropong atau teleskop. Maka, 1 Syawal 1434 H atau 'Idul Fitri jatuh pada hari Kamis, 8 Agustus 2013.

Rapat Koordinasi Lembaga Dakwah Islamiyah se-Kota Balikpapan itu dihadiri oleh unsur Lembaga Dakwah, Ormas Islam dan Pondok Pesantren se-Balikpapan dan berlangsung di Aula Bank Indonesia Balikpapan mulai pukul 08.30 – 12.30 WITA. []

Penulis: AR

Related posts

Raker MUI Balikpapan Kembali Pertegas Soal Penutupan Lokalisasi Km 17

admin

Habib Zain bin Hasan Baharun : Nabi Muhammad SAW Nikmat Yang Besar

admin

LSBO Muhamadiyah Balikpapan Akan Selenggarakan Muhammadiyah Fair 2018

admin

Polres Balikpapan Sebar Da’i Kamtibmas di Masjid dan Mushalla

admin

Suasana Istighatsah HUT ke-73 TNI di Lapangan Merdeka Balikpapan

admin

Yayasan Nurul Islam Balikpapan Bantu Gakin, Anak Yatim dan Lansia Jompo

admin
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Share info ke kami