Media Islam Madinatul Iman Balikpapan
Berita Nusantara

Kitab Karya Ulama Indonesia Saatnya Diterjemah dan Diekspor ke Luar Negeri

MADINATULIMAN (Jakarta) – Kualitas gagasan cendekiawan muslim Indonesia tak kalah dengan ilmuan di Timur Tengah dan Barat. Bahkan, saat ini dunia internasional sedang menunggu produk pemikiran dari negeri berpenduduk muslim mayoritas ini.
 

Pernyataan ini disampaikan Sekretaris Jendral Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) H Marsudi Syuhud dari hasil lawatannya ke sejumlah negara, Senin (18/3) petang. Ia mendorong Lajnah Ta’lif wan Nasyr (LTN) NU menerjemahkan dan menyebarluaskan ke luar negeri karya tulis di Tanah Air.

“Sudah saatnya sekarang kita mengekspor pandangan ke luar, tak hanya mengimpor. Dunia lagi butuh pandangan-pandangan NU tentang Islam moderat, demokrasi, dan lain-lain,” katanya saat ditemui di Kantor PBNU, Jakarta Pusat.

Menurut Marsudi, masih banyak orang Indonesia yang kurang menyadari kebesaran dirinya sendiri. Padahal, negara-negara lain, baik di Barat maupun Timur Tengah, justru ingin mengenal pemikiran dan kebudayaan Nusantara, khususnya yang berkaitan dengan keislaman.

Sebelumnya, Rais Syuriyah PBNU KH Saifuddin Amsir berpendapat, untuk di dalam negeri saja penerbitan karya ulama Nusantara masih tergolong minim. Ia berharap ada usaha pencetakan masal atas karya tulis tersebut.

“Selama ini baru ada beberapa karya ulama kita yang beredar di toko-toko, seperti karya Syekh Nawawi Banten, Syekh Yasin Al-Fadani, Syekh Ihsan Jampes Kediri, dan beberapa ulama kita. Selebihnya, masih banyak lagi yang belum terpublikasi,” kata Kiai Saifuddin. (nuon)

Related posts

Pemerintah Tetapkan 1 Syawal 1435 H Jatuh Pada 28 Juli 2014

admin

Kemenag Identifikasi Pesantren yang Radikal

admin

NU Galang Bantuan untuk Palestina

admin

PBNU: NKRI Sudah Final, Tidak Bisa Diganggu Gugat

admin

Kemungkinan Besar Awal Puasa Ramadhan 1433 H Jatuh Pada 21 Juli

admin

Presiden RI Ingin Dzikir dan Doa Jelang Peringatan Kemerdekaan Jadi Tradisi

admin
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Share info ke kami