Media Islam Madinatul Iman Balikpapan
Berita Internasional

Kumandang Adzan Maghrib di Dalam Gereja Episkopal Mesir

MADINATULIMAN (Kairo) – Di tengah konflik politik Mesir yang berimbas terjadinya perpecahan di kalangan masyarakat, Rabu (17/7) Gereja Episkopal Mesir dan Afrika Utara mengadakan acara “Buka Bersama”. Acara tersebut mengusung tema “Persatuan Nasional”.
 

Turut hadir pada acara itu beberapa tokoh politik dan tokoh agama serta tokoh masyarakat, termasuk Mufti Besar Mesir saat ini DR. Syauki Allam, mantan Mufti Besar Mesir DR. Ali Jumah dan DR. Mahmoud Azab mewakili Grand Shaikh Al-Azhar Prof. DR. Ahmad Thayyib dan tokoh Kristen Koptik yang ikut hadir saat itu Paus Bishoy Helmy Sekretaris Jenderal Dewan gereja Mesir dan  Zaky Andre.

Saat waktu Magrib tiba, Syekh Ali Jumah meminta salah seorang hadirin yang beragama Islam untuk mengumandangkan azan. Azan pun nyaring terdengar di dalam ruang makan di Gereja Episkopal tersebut. Munir Hanna perwakilan gereja memberikan kalimat sambutan dengan mengucapkan kepada umat Islam, “Selamat melaksanakan ibadah puasa Ramadhan”. Ia pun mengungkapkan rasa senangnya lantaran umat Islam dan Kristen Koptik bisa duduk dan makan bersama serta hidup rukun berdampingan.

Seperti yang diberitakan oleh akun Facebook resminya, saat diberi kesempatan untuk berbicara, Syekh Ali Jumah menyampaikan pesan damai, cinta dan kasih sayang untuk sekalian alam. “Inilah risalah Islam yang sesungguhnya.” tuturnya.

Acara tersebut dilanjutkan dengan dialog dan diskusi perihal persoalan yang melanda Mesir. Dan tujuan diadakannya acara tersebut adalah untuk menunjukkan kepada dunia bahwa umat Islam dan Kristen Mesir tetap bisa saling bergandengan tangan. (AlWafd/Mosleminfo/Madinatuliman)

Related posts

Tokoh Indonesia Yang Masuk Dalam 500 Tokoh Muslim Berpengaruh Dunia

admin

Tuntutan Palestina Diterima Israel

admin

Ikhwanul Muslimin dan Salafi Terus Serang Al-Azhar

admin

Salman al-Audah Dituntut Hukuman Mati Oleh Jaksa Arab Saudi

admin

Misi Haji India Manfaatkan Perangkat Teknologi Canggih

admin

Meriam Ramadhan : Kebiasaan Unik Arab Saudi Seputar Bulan Ramadhan

admin
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp BAGI INFO KE KAMI