Media Islam Madinatul Iman Balikpapan
Kemajemukan

Latar Belakang dan Sejarah Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI)

MADINATULIMAN.COM Komite Nasional Pemuda Indonesia, atau lebih populer dengan singkatan KNPI, adalah organisasi kepemudaan yang awalanya merupakan gabungan dari kelompok Cipayung, binaan kader Golkar dan tentara melalui deklarasi yang dipimpin oleh David Napitulu pada tanggal 23 Juli 1973. Sehingga tanggal 23 Juli diperingati sebagai Hari KNPI.

Latar Belakang

Organisasi ini lahir melalui Deklarasi Pemuda Indonesia pada hari yang sama dengan maksud menumbuhkan, meningkatkan, dan mengembangkan kesadaran sebagai suatu bangsa yang merdeka dan berdaulat berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945.

Organisasi ini langsung mendapat restu dari pemerintahan orde baru dan pada tahun itu pula, mereka mengikuti unjuk rasa mahasiswa dalam penentangan masuknya modal asing. Tahun berikutnya, mereka juga turut serta dalam demonstrasi Malari. Anggota KNPI banyak yang akhirnya bergabung dengan Golkar.

Meskipun dianggap sebagai bagian dari Orde Baru dan sempat diusulkan untuk dibubarkan, namun KNPI tetap bertahan hingga setelah jatuhnya Suharto pada tahun 1998. Setelahnya, Idrus Marham terpilih sebagai Ketua Umum.

Ia mewacanakan rejuvenasi KNPI atau penyegaran kembali peran KNPI di tengah realitas politik nasional. Rejuvenasi ini akhirnya memaksa KNPI untuk independen dan kembali memposisikan pemuda sebagai mitra kritis pemerintah.

Source Wikipedia, referensi: Infoakademika & suarariau

Related posts

STIT Balikpapan Kaltim Memiliki Tiga Program Studi Unggulan

admin

Mengenal Suku Banjar

admin

Forum Komunikasi Paguyuban Balikpapan (FKPB) Gelar Halal Bihalal

admin

Laskar Kebangkitan Kutai (LKK) Balikpapan Komitmen Majukan Balikpapan

admin

Pengurus Forum Komunikasi Kuliner Balikpapan (FKKB) Dikukuhkan Walikota

admin

Forum Kerukunan Keluarga Gowa-Makassar Balikpapan Gelar Pertemuan

admin
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Share info ke kami