Media Islam Madinatul Iman Balikpapan
Berita Nusantara

Madrasah Robotic Festival Jadi Ajang Kreasi dan Inovasi Siswa

Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidikan Madrasah menunjukkan perhatian dan kepeduliannya terhadap masa depan pelajar madrasah di Indonesia khususnya dalam bidang teknologi. Selama ini sudah mulai bermunculan siswa-siswi madrasah yang sudah turut di perlombaan robotik tingkat nasional maupun internasional, seperti MTsN Pamulang, MAN 3 Palembang dan lain sebagainya.

Perhatian dan kepedulian tersebut terwujud dalam bentuk penyelenggaran event Madrasah Robotic Festival, Festival dan Lomba Robot Tingkat Madrasah se-Indonesia. Kegiatan ini akan diikuti oleh utusan tim pelajar madrasah dari tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawaiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA).

Ajang Madrasah Robotic Festival, Festival dan Kompetisi Robot Tingkat Madrasah merupakan ajang kompetisi siswa madrasah di bidang robotika yang pertamakali diselenggarakan oleh Kementerian Agama. Kegiatan ini akan diselenggarakan di Cilandak Town Square pada tanggal 22-23 November 2015.

“Madrasah Robotic Festival (MRF) diharapkan dapat memberikan pengaruh signifikan bagi terwujudnya semangat belajar siswa madrasah, khususnya di bidang teknologi, robotika dan otomasi,”ungkap M. Nur Kholis Setiawan, Direktur Pendidikan Madrasah.

“Tercapainya kondisi tersebut di lingkungan pendidikan madrasah dapat memacu siswa dalam meraih prestasi belajar, kreatif, inovatif dan menghasilkan penemuan teknologi baru yang membanggakan,” tambah M. Nur Kholis.

Lebih lanjut Nurkholis berharap di masa mendatang Madrasah Robotic Festival (MRF) dapat diselenggarakan juga pada tingkat provinsi sampai tingkat kabupaten/kota. Sehingga peserta yang mengikuti Madrasah Robotic Festival (MRF) tingkat nasional telah melalui seleksi prestasi dan benar-benar merupakan siswa terbaik di tingkat provinsi. Dengan demikian tidak menutup kemungkinan hasil Madrasah Robotic Festival (MRF) tingkat nasional merupakan bibit-bibit yang bisa diorbitkan pada kompetisi robot tingkat nasional maupun internasional yang berasal dari madrasah.

Sampai saat ini sudah tercatat ada 20 tim tingkat MA, 13 tingkat MTs dan 7 tingkat MI yang sudah mendaftar dan siap berlaga di lomba tersebut.

Lomba ini memperebutkan total hadiah 45 juta dengan rincian, juara I mendapatkan 7 juta dan kid robotik, juara II mendapatkan hadiah 5 juta dan kid robotik dan juara III mendapatkan hadiah 3 juta dan kid robotik. Red: Mukafi Niam/NU Online

Related posts

MQK PPU, Pesantren Berperan Cetak Kader Ulama

admin

MPR Sosialisasikan ideologi Pancasila ke Pesantren Syaikh Muhammad Al Banjari Balikpapan

admin

Muhammadiyah Larang Kader dan Warganya Golput

admin

MUI: Wanita Boleh Sunat, Mengapa PBB Ikut Mengurusi

admin

Pernyataan Sikap Forum Ukhuwah Islamiyah MUI tentang ISIS

admin

Pemerintah Tetapkan 1 Dzulhijjah Senin 13 Agustus, Idul Adlha 22 Agustus 2018

admin
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Share info ke kami