Media Islam Madinatul Iman Balikpapan
Islam Balikpapan Pilihan Utama

Masjid Cheng Ho Balikpapan Jadi Destinasi Wisata Keragaman Budaya

MADINATULIMAN.COM – Masjid Cheng Ho Balikpapan. Keunikan masjid di Nusantara banyak diadaptasi dari kebudayaan, dan sejarah. Salah satunya masjid yang bernuansa kultur Tionghoa di Pantai Lamaru ini merupakan atas inisasi Jos Soetomo pemilik Hotel Grand Senyiur Balikpapan.

Nama masjid tersebut adalah Muhammad Cheng Ho, terinspirasi dari seorang tokoh termasyhur Panglima Muhammad Cheng Ho asal Tiongkok yang menyebarkan agama Islam di nusantara.

Masjid yang dibangun di atas lahan 2.250 meter persegi ini bisa menampung seluruh jemaah hingga puluhan orang. Karya arsitekturnya memancarkan nuansa budaya legenda Tionghoa dengan beberapa tambahan ornamen budaya khas melayu nusantara. Beranda masjid ini luasnya adalah 17×17 meter.

Secara luas bangunan masjid adalah 9 x 17 meter dan tingginya mencapai 11 meter. Eksistensi Masjid Muhammad Cheng Ho di Pantai Lamaru ini menjadi yang ke-17 di seluruh Indonesia.

“Kami berharap agar masjid tersebut bisa mengadopsi bangunan yang mengadopsi kultur dari Tionghoa dan ciri khas Nusantara menandakan bahwa ada hubungan asimilasi kedua budaya yang harmonis,” papar Jackson.

Dengan begitu, kehidupan toleransi antar umat beragama suku dan budaya di Indonesia sudah terjalin erat, berlangsung secara baik. Hidup berbeda dalam bingkai kebersamaan dalam negara Indonesia. (nat/tribunkaltim/dbs/foto:tribunkaltim/gomuslim)

Related posts

Suasana Istighatsah HUT ke-73 TNI di Lapangan Merdeka Balikpapan

admin

Khatmul Qur’an Digelar Bersama Trio Huffadz di Balikpapan

admin

Angkatan Muda Muhammadiyah Balikpapan Galang Dana Untuk Bencana Lombok

admin

MAN Balikpapan Tumbuhkan Rasa Kepedulian dengan Program Jum’at Berkah

admin

Rumah Al-Qur’an Diresmikan oleh Walikota Balikpapan

admin

Pendidikan Formal di Ponpes Modern Al Muttaqien Balikpapan

admin
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Share info ke kami