Media Islam Madinatul Iman Balikpapan
Graha NU Balikpapan
Foto Graha NU Balikpapan
Foto/Gambar Kemajemukan

Melihat Gedung Graha NU Ormas Islam di Kota Balikpapan

MADINATULIMAN.COM – Bila melintasi di Pertigaan Batu Ampar, Balikpapan Utara, akan terlihat sebuah gedung berwarna hijau putih menghadap ke jalan raya. Gedung tersebut adalah gedung milik NU Balikpapan, salah satu ormas Islam yang ada di Kota Balikpapan. Geduang tersebut diberi nama Graha NU Balikpapan.

Disebutkan dalam Wikipedia, Jamiyyah Nahdlatul ‘Ulama, disingkat NU, adalah sebuah organisasi Islam terbesar di Indonesia. Organisasi ini berdiri pada 31 Januari 1926 dan bergerak di bidang keagamaan, pendidikan, sosial, dan ekonomi.

Masuknya NU ke Kota Balikpapan tidak diketahui pasti, namun Choirul Anam dalam bukunya Pertumbuhan dan Perkembangan NU (2010) menyebutkan bahwa NU di Kalimantan Timur sudah berkembang sejak 1933. Setidaknya bisa dilacak di Kabupaten Berau.

Berdasarkan data yang ditemukan Ketua Tanfidziyah PWNU Kaltim KH. Muhammad Rasyid, dilansir dalam wawancara NU Online (2012),  NU di Berau dibawa dari Banjarmasin oleh dzuriyah (keturunan) keempat Syaikh Muhammad Arsyad Al-Banjari. Ia membawa NU ke Berau, kemudian menjadi mufti kerajaan Gunung Tabur di Berau. Namun, Kiai Rasyid masih belum mendapati data apakah NU masuk Berau itu lebih duluan dari Samarinda atau tidak.

Di Indonesia, dikenal dua organisasi Islam terbesar dan sudah mengakar yaitu NU dan Muhammadiyah. Kedua organisasi tersebut juga ada di Kota Balikpapan. Kantor Muhammadiyah berada dikawasan Gn. Kawi.

Graha NU Balikpapan atau Graha Nahdlatul Ulama Kota Balikpapan adalah gedung Nahdlatul Ulama Kota Balikpapan yang berlokasi di pertigaan Batu Ampar Km 4, di Jalan Soekarno-Hatta RT. 25 No. 101, Kelurahan Batu Ampar Kecamatan Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Berdasarkan informasi di Wikipedia, pembangunan gedung NU Balikpapan tersebut menelan biaya sekitar lebih dari 6 miliar dengan memiliki 4 lantai dengan fasilitas ruang rapat, mushalla, ruang kantor dan lain sebagainya.

Anggaran pembangunan gedung Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kota Balikpapan (PCNU Kota Balikpapan) itu bersumber dari sumbangan nahdliyin (warga NU) Balikpapan, Pemerintah Kota Balikpapan, Gubernur Kalimantan Timur dan para donatur lainnya.

Graha NU diperuntukkan untuk sentral kegiatan dakwah Islam, baik badan otonom (Banom) maupun lembaga-lembaga NU, terutama sebagai kantor sekretariat PCNU Kota Balikpapan.

Source : Wikipedia/NUbalikpapan.ID/NU Online

Related posts

Logo Hari Santri Nasional 22 Oktober 2018, Bersama Santri Damailah Negeri

admin

Foto Milad Majelis Rasulullah SAW di Balikpapan Islamic Centre

admin

Forum Komunikasi Keluarga Jawa Timur (FKKJT) Balikpapan

admin

Forum Kerukunan Keluarga Gowa-Makassar Balikpapan Gelar Pertemuan

admin

Foto Eksklusif Santri Ponpes Nurul Khaerat Balikpapan Juara 1 LSN Kaltimtara

admin

KH. Marzuqi Mustamar Khatib Shalat Idul Adlha 1439 H di BIC

admin
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Share info ke kami