Media Islam Madinatul Iman Balikpapan
Muhammadiyah Balikpapan
Muhammadiyah Balikpapan
Foto/Gambar Kemajemukan

Melihat Sekretariat PD Muhammadiyah di Kawasan Gn. Kawi Balikpapan Tengah

MADINATULIMAN.COM – Muhammadiyah merupakan persyarikatan atau organisasi Islam (ormas Islam) terbesar kedua di Indonesia setelah Nahdlatul Ulama (NU). Muhammadiyah didirikan di Kampung Kauman Yogyakarta, pada tanggal 8 Dzulhijjah 1330 H (18 Nopember 1912) oleh seorang yang bernama Muhammad Darwis, kemudian dikenal dengan KH. Ahmad Dahlan.

Didalam Anggaran Dasar Muhammadiyah, disebutkan bahwa Muhammadiyah adalah Gerakan Islam, Da’wah Amar Ma’ruf Nahi Munkar dan Tajdid (pembaharu), bersumber pada Al-Qur`an dan As-Sunnah.

Baca : Melihat Gedung Graha NU Ormas Islam di Kota Balikpapan

Muhammadiyah memiliki lambang berupa matahari bersinar utama dua belas (12), di tengah bertuliskan “Muhammadiyah” dan dilingkari kalimat  syahadat. Dua belas sinar, sebagaimana dijabarkan dalam situs Muhammadiyah, diibaratkan sebagai tekad dan semagat warga Muhammadiyah dalam memperjuangkan Islam, semangat yang pantang mundur dan pantang menyerah seperti kaum Hawari (sahabat nabi Isa yang berjumlah 12).

Di Kota Balikpapan, terdapat cabang Muhammadiyah yang disebut Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Balikpapan.

Dalam struktur persyarikatan Muhammadiyah, PDM merupakan jenjang struktural Muhammadiyah setingkat kabupaten (district). Sedangkan jenjang struktural Muhammadiyah setingkat propinsi disebut PWM (Pimpinan Wilayah Muhammadiyah), dan jenjang struktur Muhammadiyah tertinggi (pusat) disebut PP (Pimpinan Pusat). Adapun tingkat dibawah PDM adalah PCM (Pimpinan Cabang Muhammadiyah) setingkat kecamatan (sub-district), kemudian PRM (Pimpinan Ranting Muhammadiyah)  setingkat desa. Terakhir Jama’ah Muhammadiyah yaitu kelompok-kelompok yang tersebar di tengah masyarakat dalam bentuk Jama’ah Muhammadiyah.

Berbeda dengan Nahdlatul Ulama (NU) yang menggunakan istilah “pengurus”. NU Pusat disebut PBNU (Pengurus Besar Nahdlatul Ulama) yang berada di Jakarta, kemudian struktural NU tingkat Provinsi disebut PWNU (Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama), struktural NU tingkat Kota/Kabupaten disebut PCNU (Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama),  struktural NU tingkat Kecamatan disebut MWCNU (Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama),  struktural NU tingkat desa/kelurahan disebut PRNU (Pengurus Ranting NU),  struktural NU dibawah Ranting disebut PARNU (Pengurus Anak Ranting).

Sekretariat Muhammadiyah di Kota Balikpapan berada di Masjid Tarbiyah yang beralamat di Jl. Pangeran Antasari RT. 10 No. 130 Gn. Kawi, Kelurahan Sumber Rejo, Kecamatan Balikpapan Tengah, Kota Balikpapan.

Unit-unit pendidikan Muhammadiyah tersebar di Kota Balikpapan mulai dari sekolah (SD, SMP, SMA maupun SMK), panti asuhan hingga Pondok Pesantren.

Salah satu pondok pesantren Muhammadiyah yang cukup dikenal di Balikpapan adalah Pondok Pesantren Terpadu Al-Mujahidin yang berada di Jl. Soekarno Hatta Km. 10 Kec. Balikpapan Utara.  Pesantren tersebut sudah berdiri sejak tahun 1981 M, satu tahun kemudian baru beroperasi.

Berdasarkan yang tertera dalam situs Muhammadiyah Kaltim, yang dikutip dari buku Mengarungi Jeram di Benua Etam, Gerakan Muhammadiyah di Kalimantan Timur oleh Muhammad Haiban (2011), bahwa masuknya Muhammadiyah di Kalimantan Timur dibawa oleh para pedagang dan Muballigh Muhammadiyah dari Kalimantan Selatan, pekerja tambang minyak dan batubara. Muhammadiyah mula-mula masuk di Sanga-Sanga berdasar Surat Ketetapan Hoofdbestuur Moehammadijah nomor 427/-T tanggal 17 September 1933 bertepatan tanggal 26 Djoemadal Oela 1352, ditanda tangani oleh K.H.Hisjam (ketua) dan K.H.Moechtar (sekretaris), di Berau, di Balikpapan dan di Samarinda.

Muhammadiyah Balikpapan terbentuk secara resmi pada tahun 1966, dengan terbentuknya Pimpinan Daerah Muhammadiyah Balikpapan-Pasir, berkedudukan di Balikpapan. Saat itu, PDM Balikpapan menjadi satu dengan Pasir.

Disumber lain disebutkan bahwa pada tahun 1934 M, seorang ulama Muhammadiyah yang juga salah seorang pedagang yang bernama H. Ahmad Chudari berhasil memasukkan paham Muhammadiyah ke Balikpapan.

Source : Anysource

Related posts

Keluarga besar Kerukunan Bubuhan Banjar Kaltim (KBBKT) Kota Balikpapan

admin

Ini Foto Pelabuhan Semayang Balikpapan Tempo Dulu

admin

Foto Forum Group Discusion Menyambut Pilpres 2019 di Hotel New Benakutai

admin

MI Syaichona Cholil Balikpapan Sukses Menggelar Muharram Fair ke-2

admin

Paguyuban Ngesti Tunggal (Pangestu) Balikpapan : Saling Menghargai

admin

Melihat Gedung Graha NU Ormas Islam di Kota Balikpapan

admin
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Share info ke kami