Media Islam dan Muslim Store No. 1 Balikpapan
Ubudiyah

Membaca Tasmi’ Tiap Bangun dari Ruku’

MADINATULIMAN.COM – Tasmi' adalah bacaan سَمِعَ اللهُ لِمَنْ حَمِدَهُ، رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ، مِلْءُ السَّمَاوَاتِ، وَمِلْءُ الْأَرْضِ وَمِلْءُ مَا شِئْتَ مِنْ شَيْءٍ بَعْدُ yang dibaca setiap bangun (bangkit) dari ruku'. Didalam shalat gerhana, terdapat 4 kali ruku' walupun dilaksanakan 2 raka'at.

Hal yang menjadi pertanyaan, apakah setiap bangun dari ruku' tersebut mengucapkan tasmi' atau hanya pada ruku' yang kedua saja atau keempat saja?

Untuk mengetahuinya, bisa kita lihat didalam kitab Syarh al-Muhadzdzab 5/52, yang mana ulama menjelaskan bahwa tiap bangun dari ruku' membaca tasmi'.

يستحب أن يقول في رفعه من كل ركوع سمع الله لمن حمده ربنا لك الحمد إلى آخره ثبت ذلك في الصحيحين من فعل رسول الله صلى الله عليه وسلم ونص عليه الشافعي في الأم ومختصر البويطي والمزني والأصحاب
"Disunnahkan pada setiap bangun dari ruku' (dalam shalat gerhana) mengucapkan tasmi' "سَمِعَ اللَّهُ لِمَنْ حَمِدَهُ رَبّنَا لَك الْحَمْدُ dan seterusnya", yang demikian telah tsabit didalam al-Shahihain (al-Bukhari dan Muslim) berupa perbuatan Rasulullah Saw, nas Imam al-Syafi'i didalam al-Umm, Mukhtashar al-Buwaithi dan al-Muzanni, serta Ashhab Syafii".

[AR]

Related posts

Kedua Tangan Saat Qunut, Dirapatkan atau Direnggangkan?

admin

Tatacara Shalat Gerhana Matahari dan Bulan

admin

Hukum Puasa 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah

admin

Mengangkat Tangan Didalam Shalat

admin

Shalat Sunnah Yang Disunnahkan Berjamaah dan Tidak Disunnahkan Berjama’ah

admin

Risalah Ramadhan (5) ; Ragam Do’a Ketika Berbuka Puasa

admin
SILAHKAN BERTANYA
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com