Media Islam dan Muslim Store No. 1 Balikpapan
Berita Nusantara

Menag Minta Umat Islam dan Buddha Tanggapi Bijak Soal Rohingya

MADINATULIMAN (Magelang) – Menteri Agama Suryadharma Ali mengimbau seluruh umat beragama, khususnya Islam dan Buddha, hendaknya dapat menyikapi dengan arif dan bijaksana menanggapi isu Rohingya Myanmar belakangan ini.
 

“Sebagai umat yang religius, bangsa Indonesia tidak setuju dan menyesalkan setiap tindakan kekerasan dan anarkisme,” kata Menag ketika memberikan sambutan pada peringatan Waisak 2557 BE/2013 di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu malam (25/05).

Pada acara tersebut, nampak hadir Gubernur Jateng Bibit Waluyo, Dirjen Bimas Buddha A. Joko Wuryanto, bhiksu Dutavira Mahasthavia, Plt Pusat Perwakilan Umat Buddha Indonesia (DPP Walubi) Arif Harsono, staf khusus Menag Budi Setiawan, para pengurus dari majelis Majubuthi, Mahayana, Majabudti, Madhatantri, MNSBDI, Kasogatan, NSI, Mapanbumi, dan Martrisia.

Menag mengajak semua pihak untuk menumbuhkembangkan toleransi dan saling menghargai antar-pemeluk agama. Dalam menyelesaikan berbagai persoalan keummatan, perlu dibudayakan dialog-dialog konstruktif dan kerjasama yang erat. Selain itu, lanjut Menag, jauhkan prasangka tidak produktif yang dapat merenggangkan hubungan antar-umat beragama.

“Kita semua tidak setuju dan menyesalkan setiap tindakan kekerasan dan anarkisme, apalagi dihubungkan dengan sebuah keyakinan agama,” tegas Menag.

Perayaan ritual Waisak berlangsung sejak Sabtu pagi (25/5), pukul 09.00, diawali “Detik-Detik Waisak 2557 B di Candi Mendut”, diisi renungan waisak oleh bhiksu Tadisa Paramita Mahasthavira, serta tuntunan sebelum meditasi oleh bhiku Wongsin Labhiko Mahathera. (ess)

Sumber: Kemenag

Related posts

KH Hasyim Muzadi: 70% Konflik adalah Faktor Non-Agama yang Diagamakan

admin

Pelajar dan Santri Peringati Hari Kesaktian Pancasila

admin

Komentar Sejumlah Ormas Islam Terkait Syi’ah dan Konflik Sunni-Syi’ah

admin

Pemerintah Telah Positif Tetapkan Awal Ramadhan 1433 H Jatuh Pada Sabtu 21 Juli

admin

Dubes Arab Klarifikasi Polemik Makam Nabi ke PKB

admin

Masjid Diimbau Padati Ramadhan dengan Kegiatan Positif

admin
SILAHKAN BERTANYA
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com