Media Islam Madinatul Iman Balikpapan
Kaltim News

Meriahkan Muharram dengan Jalan Kaki di Melak Kutai Barat Kaltim

MADINATULIMAN.COM (Sendawar) – Sebanyak 100 regu dari sejumlah TK, SD, SMP, SMA, dan organisasi kemasyarakatan, mengikuti pawai memperingati tahun baru Islam di Kecamatan Melak, Senin (3/11/2013). Peserta pawai berjalan kaki sekitar lima kilometer.

Acara ini kerja sama PHBI, MUI, dan ormas Islam Kubar. Peserta yang diberi nomor peserta dilakukan pengundian, lalu yang beruntung diberikan bingkisan oleh panitia. Semua peserta disediakan makanan bubur asyura.

Ketua Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Kubar Arifin Nanang melepas peserta di depan Masjid Al Hidayah Kelurahan Melak Ulu dan finish di Masjid Sabillusalam Kelurahan Melak Ilir. “Acara ini dalam upaya siar Islam, guna memperkenalkan kepada adik kita untuk terus memperingati tahun baru Islam, dan senantiasa mengingatkan kita kepada peristiwa Hijrah Nabi Muhammad SAW ditemani Abu Bakar Ashsiddiq dari Makkah ke Medinah,” kata Kepala Dinas Perkebunan Tanaman Pangan Perikanan dan Peternakan Kubar tersebut.

Menurut dia, secara universal setiap memperingati 1 Muharam diajarkan menoleh ke belakang. Melihat kembali apa yang telah dikerjakan. Selanjutnya melakukan evaluasi, penilaian serta membuat perencanaan. Namun suatu keistimewaan dalam ajaran Islam, apapun yang dikerjakan, tetap harus diiringi kesadaran senantiasa dalam pengawasan Allah SWT.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Cabang Kubar Imaludin Z menyebutkan, acara ini memasyarakatkan tahun baru Islam yang kurang begitu dikenal oleh umat Islam sendiri. “Kami akan agendakan setiap tahun. Harapannya mari kita tingkatkan ukhuwah Islamiyah, dan jaga persatuan yang terus melekat pada diri dan seluruh umat beragama di Kubar,” saran Imaludin Z. (hms36/waz/k9/kaltimpost)

Related posts

Dekati Masyarakat, Pejabat Polda Shalat Shubuh di Masjid At-Taqwa Balikpapan

admin

Pelatihan di Gedung Serba Guna (GSG): Manajemen Masjid Sangat Penting

admin

Pondok Pesantren Al-Banjari Penajam Gelar Acara Pelepasan Santri

admin

Diduga ISIS Menyebar di Kukar, MUI Ingatkan Tokoh Agama

admin

Universitas NU Kaltim Diresmikan dan Telah Memiliki 100 Mahasiswa

admin

Di Penajam, Tim Kirab Satu Negeri Dikawal Ormas dan Masyarakat Menuju Mapolres

admin
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Share info ke kami