Media Islam Madinatul Iman Balikpapan
Berita Internasional

Meriam Ramadhan : Kebiasaan Unik Arab Saudi Seputar Bulan Ramadhan

MADINATULIMAN – Jelang bulan Ramadlan, umat Islam memiliki cara-cara sendiri untuk mengungkapkan rasa gembira akan datangnya bulan penuh barokah tersebut. Demikian juga ketika telah berada di dalam bulan Ramadhan, umat Islam memiliki cara sendiri untuk memberitahukan tanda waktu berbuka, waktu imsak dan lain sebagainya. 
 
Misalnya, sebagian umat Islam melakukan adzan untuk memberitahukan waktu sahur, melakukan pengumuman di masjid dan mushalla (surau), bahkan menabuh bedug untuk memberitahukan waktu berbuka dan sahur. 
 
Ternyata tidak terkecuali di Arab Saudi. Di negeri yang dikenal keras terhadap amaliyah umat Islam ini ternyata memiliki kebiasaan unik dalam menyambut dan memeriahkan bulan Ramadlan.
 
Arab Saudi memiliki sebuah "Meriam Ramadlan" di Makkah Al-Mukarramah yang digunakan sebagai tanda masuknya bulan suci Ramadhan.
 
Meriam itu juga di fungsikan sebagai tanda masuknya waktu berbuka puasa, tanda waktu sahur, tanda tibanya waktu Imsak dan masuknya tanggal 1 Syawal.
 
Meriam ini senantiasa menggelegar disetiap harinya di bulan Ramadhan. Meriam ini di taruh disebuah gunung yang posisinya dekat sekali dengan Masjidil Haram, yaitu disebuah gunung yang akhir nya diberi nama "Gunung Meriam (جبل أبو مدافع)".  Setelah selesai, dikembalikan lagi ke tempat semula yaitu ke daerah 'Aziziyah hingga jelang Ramadhan berikutnya. []
 
 
Redaktur : AR
http://saudi.arab-mms.com/saudi291461.html

Related posts

Arab Didesak Konfrontasi Langsung dengan Israel

admin

Hoax Video Paus Benediktus Masuk Islam melempar Jumroh

admin

Aturan Pengeras Suara Masjid Arab Saudi, UEA, Mesir, India Hingga Indonesia

admin

Pria Yaman Selamatkan Ribuan al-Qur’an dari Tempat Sampah

admin

Pernyataan Resmi Dewan Riset Islam Al-Azhar terkait Kondisi Mesir

admin

Sri Langka Larang Cadar Pasca Insiden Bom Hari Paskah

admin
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com