Media Islam Madinatul Iman Balikpapan
Warta Dalam Kota

Mimpi Pemkot Balikpapan Bangun Minipolitan di Balikpapan Timur

MADINATULIMAN.COM – Mimpi Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan untuk membangun kawasan minapolitan di Kecamatan Balikpapan Timur, masih memerlukan proses yang panjang. Selain diperlukan sarana dan prasarana yang memadai, pemerintah juga dituntut untuk menyiapkan sumber daya manusia (SDM) nelayan yang ulet dan unggul. Hal ini dikemukakan Kepala Bidang Keluatan dan Perikanan, Dinas Pertanian Kelautan dan Perikanan (DPKP) Balikpapan, Titi Hasanah.

Menurutnya, konsep minapolitan bertujuan untuk menata kawasan perikanan secara terpadu, mulai dari hulu sampai ke hilir. Di dalamnya nanti terdapat beberapa fasilitas yang dimiliki oleh nelayan untuk meningkatkan komoditas unggulan perikanan dan kelautan, seperti pelabuhan untuk pendaratan ikan, tempat pelelangan ikan (TPI), unit pengolahan ikan (UPI), stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) nelayan, dan tidak menutup kemungkinan perumahan nelayan.

"Nanti juga akan ada penataan infrastruktur seperti jalan dan fasilitas umum lainnya untuk keperluan nelayan," ujarnya, Sabtu (19/7/2014).

Dikatakan Titi, masterplan kawasan minapolitan sebenarnya telah dibuat sejak 2013 lalu. Dalam masterplan itu pemerintah sudah menyiapkan lahan seluas 200 hektare yang terintegrasi dengan kawasan wisata Manggar. Namun untuk mewujudkannya harus dilakukan secara bertahap, disesuaikan dengan kemampuan anggaran daerah.

Pada tahun ini, DPKP baru akan menyusun tahap detail engineering design (DED) perbaikan TPI Manggar. Tahap ini ditargetkan rampung pada akhir tahun. "Kita juga akan membuat DED masterplan TPI Manggar, nanti kita usulkan di anggaran perubahan 2014 ini," paparnya.

Lebih lanjut, Titi menjelaskan jika masterplan dan tahap DED itu rampung, Pemkot selanjutnya akan mengusulkan bantuan kepada pemerintah pusat melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan. "Kalau sudah dibuat, lalu kita usulkan lagi bantuan ke pusat. Makanya harus lengkap persyaratannya seperti masterplan, DED, dan UKL-UPL," jelasnya.
Mimpi Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan untuk membangun kawasan minapolitan di Kecamatan Balikpapan Timur, masih memerlukan proses yang panjang. (tribunkaltim)

Related posts

Pemuda Muhammadiyah dan KPU Balikpapan Gelar Dialog Publik di Aula KNPI

admin

Dapat Bisikan, Ibu di Balikpapan Coba Bunuh Anaknya

admin

Ulama Se-Jawa Tengah dan DIY Deklarasikan Forum Peduli Bangsa

admin

Masjid Al Hikmah dan Masjid Ahmad Dahlan Segera Urus IMB-nya

admin

Balikpapan Islamic Center Telah Rampung 55%

admin

Romy: Indonesia berpotensi menjadi sarang Radikalis

admin
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com