Media Islam Madinatul Iman Balikpapan
Hikmah

Minta Do’a Pada Orang Sakit karena Do’anya seperti Do’a Malaikat

MADINATULIMAN.COM – Salah satu hak seorang muslim terhadap muslim lainnya adalah menjenguknya ketika sakit. Hal ini merupakan perkara yang mulya yang telah diajarkan oleh agama. Disamping itu pula dianjurkan memberikan nasehat-nasehat yang mengandung harapan serta berdo'a untuk kesembuhan orang yang sakit.

Selain itu, ada perkara yang juga disunnahkan apabila menjenguk orang yang sakit yaitu meminta do'a dari orang yang sakit. Sebab do'a orang yang diberikan sakit oleh Allah diibaratkan seperti do'anya malaikat. Imam al-Nawawi rahimahullah didalam kitabnya al-Majmu' menjelaskan

يستحب طلب الدعاء من المريض لحديث عمر رضي الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم " إذَا دَخَلْت عَلَى مَرِيضٍ فَمُرْهُ فَلْيَدْعُ لَك فَإِنَّ دُعَاءَهُ كَدُعَاءِ الْمَلَائِكَةِ " رواه ابن ماجه بإسناد صحيح
Disunnahkan meminta do'a dari orang yang sakit, berdasarkan hadits Sayyidina 'Umar radliyallahu 'anh, ia berkata: Rasulullah Saw. bersabda: "Apabila engkau datang mengunjungi orang yang sakit, maka mintalah do'a untuk dirimu, sebab do'anya orang yang sakit itu seperti do'anya malaikat", Imam Ibnu Majah meriwayatkannya dengan sanad yang shahih.

Apabila do'anya orang sakit seperti do'a malaikat maka itu berarti do'anya orang yang sakit adalah do'a yang dikabulkan oleh Allah. Meskipun demikian, meminta do'a dari orang yang sakit perlu sekiranya melihat kondisi yang sangkutan.

Oleh AR

Related posts

Kisah Rasulullah Mencoret Tujuh Kata Pada Maret 628 M (Dzulqa’dah 6 H)

admin

Ketika Umar Al-Faruq Akan Penggal Kepala Orang

admin

Kematian Bukanlah Ketiadaan Murni

admin

Apakah Ramadhan Meningkatkan Kualitas Diri Kita?

admin

Dosa Terhapus karena Anak Kecil

admin

Menabur Benih Gandum Sembari Berdzikir

admin
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com