Media Islam Madinatul Iman Balikpapan
Berita Nusantara

Momen Ramadlan, Tukang Becak pun Belajar Qur’an diatas Becaknya

MADINATULIMAN (Solo) – Pada bulan Ramadhan, semua ibadah akan dilipat gandakan. Nah belasan tukang becak di Solo ini tidak mau kerlena dengan profesi mereka. Mereka yang tergabung dalam paguyuban dalam Paguyuban Tukang Becak Solo Grand Mall itu berkumpul sambil menunggu penumpang terlihat antusias menyimak penjelasan dari sesama kawannya.
 

Momentum Ramadan tahun ini dimanfaatkan para tukang becak ini untuk belajar bersama membaca Al-Qur’an. Kegiatan itu digelar untuk mengisi waktu senggang saat menjalani puasa di bulan Ramadan.

Ukur Sukar (71) salah seorang tukang becak mengaku jika dirinya memang tidak bisa membaca Al-Qur’an. Namun, ia sering mendengarkan bacaan Al-Qur’an melalui pengajian di masjid.

“Saya tidak bisa membaca Al-Qur’an sejak dulu, ya dengan adanya kegiatan ngaji bersama ini saya menjadi sedikit mengerti cara membacanya dan memahami arti dari Al-Qur’an tersebut,” ujarnya kepada wartawan seusai membaca Al-Qur’an.

Menurut Ukur, kegiatan ini sangat berarti daripada ia bersama teman-temannya jenuh menunggu penumpang dan hanya dihabiskan waktu dengan tidur saja. Saling belajar membaca Al-Qur’an menurutnya lebih positif dan mendatangkan pahala.

Sementara itu, tukang becak lain yang bertindak sebagai guru pengajar Al-Qur’an, Imam Suyatno (49) mengatakan senang bisa mengajari teman-temannya agar bisa menjalankan syariat Islam dengan baik. Karena selain ibadah salat membaca Al-Qur’an saat bulan Ramadan pahalanya besar sekali. Ia berharap kegiatan mengaji ini tidak hanya dilakukan saat bulan puasa saja, tapi di bulan-bulan selanjutnya bisa terus berjalan.

"Saya juga ingin mengajarkan salat pada teman-teman yang lain, saya liat mereka salatnya masih banyak yang bolong-bolong bahkan ada yang tidak bisa doanya,” jelasnya. (AKAnam/AhmadR/nuon)

Related posts

Indonesia Raih Juara 2 dan 3 MTQ Internasional Malaysia

admin

Alhamdulillah Hari Raya (Idul Fithri) 1433 H Jatuh Ahad 19 Agustus 2012

admin

PTUN Sahkan Pembubaran HTI, Resmi Partai Terlarang

admin

Al-Bayyinat dan Ulama Jatim Prihatin Kasus Berdarah Sampang Madura

admin

Pemerintah Tetapkan 1 Syawal 1435 H Jatuh Pada 28 Juli 2014

admin

Penuhi Kebutuhan Ummat, PBNU Terbitkan Mushhaf An-Nahdlah

admin
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Share info ke kami