Media Islam Madinatul Iman Balikpapan
Islam Balikpapan Pilihan Utama

MUI Balikpapan: Sertifikat Halal BPJPH Dikeluarkan Setelah Ada Fatwa Halal MUI

MADINATULIMAN.COM – Kewenangan menerbitkan produk bersetifikat halal sebelumnya berada di Majelis Ulama Indonesia (MUI) melalui Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika (LPPOM) MUI. Dengan adanya Undang-Undang No. 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal maka kewenangan tersebut digantikan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH), salah satu unit Eselon I di Kementerian Agama.

“Sebelumnya ditangani oleh MUI melalui LPPOM MUI dan sudah berjalan berpuluh tahun. Dengan berlakunya undang-undang ini maka ada lembaga baru, BPJPH yang secara administrasi melakukan tugasnya, mengeluarkan sertifikat Halal”, tutur Sektretaris Umum MUI Balikpapan Drs. H.M. Jailani, M.Si. dalam acara Sosialisasi Undang-Undang No. 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal dan bantuan Permodalan secara Syariah di Kantor MUI Balikpapan, Senin (29/4/2019), sebagamana dilansir situs muibalikpapan.id

Menurutnya, sertifikat Halal itu baru bisa dikeluarkan setelah melalui MUI melalui Komisi Fatwa yang terlebih dahulu menetapkan halal atau tidaknya suatu produk. Dalam hal ini, fatwa halal tetap menjadi domain MUI.

“Tetapi hal itu, setelah MUI melalui Komisi Fatwa menetapkan terlebih dahulu kehalalan produk tersebut. Sehingga posisi MUI dalam hal ini sangat menentukan sekali. BPJPH menangani administrasinya, sedangkan MUI menangani fatwa kehalalan suatu produk”, lanjutnya.

Related posts

Ikutilah Pelatihan Muballigh dan Muballighah oleh IKMAL Balikpapan

admin

PKK Gn Samarinda Baru Balikpapan Utara Gelar Maulid Nabi Muhammad SAW

admin

Masjid di Balikpapan Ini Tunaikan Idul Adlha 1439 H Berbeda dengan Pemerintah

admin

Pengurus MUI Kota Balikpapan Periode 2016-2021

admin

Kemenag Balikpapan Imbau Ikuti Upacara Hari Santri Tahun 2018

admin

MUI Katakan People Power Haram Jika Memaksa Mengganti Konstitusi

admin
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com