Media Islam Madinatul Iman Balikpapan
Berita Nusantara

NU Ancam Serukan Nahdliyin Boikot Bayar Pajak Jika Masih Dikorupsi

MADINATULIMAN (Cirebon) – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) merekomendasikan masyarakat, khususnya Nahdliyin agar tidak membayar pajak karena penerimaan pajak banyak dikorupsi oknum pegawai Pajak. Ancam NU ini menurut Indonesia Corruption Watch (ICW),  merupakan tamparan pedas bagi pemerintah.
 

Sebelumnya, di sela-sela pembukaan Musyawarah Nasional Alim Ulama NU di Cirebon, Jawa Barat, Ketua PBNU KH Said Aqil Siradj mengatakan perlunya membahas fatwa larangan untuk membayar pajak selama masih ada praktik korupsi di Indonesia.
 
Sementara menurut, Darussalam, pengamat perpajakan dari Universitas Indonesia, berpendapat, kalau rencana boikot itu jadi dilaksanakan oleh warga Nahdliyin, pengikut NU, bukan tidak mungkin separuh ‘nyawa’ negara kita hilang. Sebab, lebih dari 70% pendapatan negara berasal dari pajak.
 
Sebelumnya, Ketua PBNU Said Aqil Siraj di Pondok Pesantren Kempek, dalam Musyawarah Nasional Alim Ulama Nahdlatul Ulama 2012 di Cirebon, Senin (17/9), mengatakan bahwa bayar pajak sebenarnya tidak wajib dalam Islam. Tapi menjadi wajib karena kami taat pada pemerintah, tapi dengan syarat pemerintah harus memanfaatkan pajak itu untuk kesejahteraan rakyat.
 
Namun, ancaman untuk tidak membayar pajak ini tidak masuk dalam dalams satu dari 4 Rekomendasi Hasil Munas NU. KH Said Aqil mengatakan, NU akan memberikan kesempatan dalam setahun kedepan bagi pemerintah untuk memperbaiki pengelolaan uang negara hasil pajak.
 
Sementara, Alissa Wahid, anggota Komisi Rekomendasi Munas di Cirebon menegaskan selama pajak digunakan untuk kemashlahatan masyarakat, pajak dianggap sah. Namun, jika terjadi penyelewengan, barulah rekomendasi Munas NU untuk boikot pembayaran pajak dipertimbangkan. []
 
 
Redaktur : AR

Related posts

Alhamdulillah Hari Raya (Idul Fithri) 1433 H Jatuh Ahad 19 Agustus 2012

admin

KPI Larang Muatan Siaran Menghujat Pandangan Keagamaan

admin

Pelajar NU dan Muhammadiyah Desak Pendidikan Nasional Ditinjau

admin

Al-Mufassir Syaikh Ali Ash-Shobuni Hadiri Daurah Kader Ahlussunnah wal Jama’ah

admin

Tahlil Membahana di Martapura: Lautan Manusia Banjiri Haul Guru Sekumpul

admin

Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsudin ; Hormati Perbedaan Awal Puasa

admin
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp BAGI INFO KE KAMI