Media Islam Madinatul Iman Balikpapan
Berita Nusantara

Pakar dalam Kitab Kuning dan Memahami Qur’an

MADINATULIMAN (Pontianak) Puncaknya keilmuan ulama NU, setidaknya ada dalam dua keahlian. Pertama adalah keahlian membaca kitab kuning. Kedua, keahlian dalam memahami Al-Quran. 

 

Hal  itu dipaparkan Rais Majelis Ilmy Jam’iyyatul Qurra` Wal Huffazh Nahdlatul Ulama (JQHNU) Prof Dr KH Ahsin Sakho Muhammad pada taushiyah pembukaan Musyawarah Nasional IV JQHNU di Pontianak, Kalimantan Barat, Jumat (6/7).
 
“Kalau kita lihat sejarah, bagaimana hubungan ulama-ulama Indonesia dengan ulama di tanah Hijaz, maka bisa kita ketahui bahwa ulama-ulama Nahdlatul Ulama adalah pelanjut ilmu yang diwariskan oleh ulama Hijaz,” jelas Rektor Institut Ilmu al-Quran (IIQ) Jakarta ini.
 
Ahsin menambahkan, kita lihat Hadratus Syaikh KH Hasyim Asy’ari merupakan pelanjut seorang ulama Syekh Umar Hamdan, Alwi Al-Maliki Abbas, dan orang-orang sejawatnya itu.  
 
“Ulama-ulama NU telah melakukan perjuangan yang mencengangkan, membanggakan! Banyaknya kitab-kitab hadits, kitab-kitab fiqih itu disalurkan oleh mereka,” tegasnya.
 
Tapi, ada satu lagi kelompok di lingkungan ulama NU, yaitu ulama-ulama hufadz dan qurra Al-Quranul Karim. 
 
“Mereka berjuang berpuluh-puluh tahun menimba ilmu di negeri Makkkah, Madinah, Mesir. Kemudian pulang ke Indonesia. Mereka menyabarkan Al-Quranul Karim kepada masyarakatnya,” tambahnya.
 
Maka, sambung Ahsin, kita tahu, di Indonesia ini banyak markas-markas atau pusat-pusat ke-Quranan. Mulai dari madura, Sumatera Utara, Bone, Bugis, Sulawesi Selatan, Banten. Kemudian juga di Yogyakarta, di Surabaya, dan lain sebagainya.
 
“Mereka itulah pahlawan-pahlawan yang menyebarkan Al-Quran,” pungkasnya. (nuonline,7/7/12)

Related posts

95 Persen Content Media Sosial adalah Sampah

admin

Ada Yang Idul Fitri 20 Agustus : Naqsyabandiyah, Islam Aboge dan Pakistan

admin

Muktamar Muhammadiyah ke-47 Juni 2015 Akan Dibuka di Makassar

admin

Ledakan di Pondok Pesantren Al Mujahidin Kalteng Tidak Terkait Teroris

admin

Pemerintah : Idul Adlha 1433 H Jatuh Pada 26 Oktober 2012

admin

Dengan Filter SafeSearch Pemblokiran Konten Porno hampir Total

admin
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
SILAHKAN BERTANYA