Media Islam Madinatul Iman Balikpapan
Warta Dalam Kota

Pemkot Balikpapan Mulai Renovasi Rumah Jadi Layak Huni

MADINATULIMAN.COM – Pemerintah Kota Balikpapan sudah memulai program renovasi rumah menjadi rumah layak huni bagi masyarakat berpenghasilan rendah, guna memberi stimulan kepada masyarakat untuk meningkatkan taraf hidupnya.

Kepala Dinas Tata Kota dan Permukiman Muhaimin mengatakan, ada 50 unit rumah yang dianggarkan perbaikannya dalam pagu anggaran tahun ini. Lelang proyek sudah dikerjakan dan diperkirakan selesai pada November.

"Renovasi sudah mulai dikerjakan sepekan yang lalu. Kami tinggal tunggu laporan penyelesaiannya," ujarnya ketika dikonfirmasi Bisnis, Jumat (29/8/2014).

Muhaimin menyebutkan, rumah yang direnovasi harus tidak melanggar tata ruang, baik sempadan bangunan maupun sungai. Selain itu, kepemilikan tanah juga harus milik pribadi dan bukan sewa yang dibuktikan melalui sertifikat. Tahun lalu, imbuh Muhaimin, hanya 17 unit yang memenuhi syarat dari pengajuan pembedahan rumah sebanyak 30 unit.

Pemkot Balikpapan sudah menggulirkan program bedah rumah ini sejak 2008 lalu. Muhaimin mengatakan, pada 2011 terdapat total 50 penerima manfaat dari bedah rumah ini dengan anggaran yang berasal dari pemerintah kota dan pemerintah provinsi. Adapun, pada 2012 dan 2013, secara berurutan terdapat 88 dan 97 penerima manfaat bedah rumah yang anggarannya juga berasal dari sumber yang sama.

Program renovasi rumah menjadi layak huni ini ditujukan untuk memberikan stimulan bagi para pemilik rumah yang belum memenuhi persyaratan kelayakan seperti ketiadaan sanitasi, bahan pembangun rumah hingga strukturnya. Pembangunan rumah akan dilakukan hanya pada bagian inti, sehingga nantinya bisa dilanjutkan oleh masing-masing pemilik rumah. (makassar/bisnis)

Related posts

DKPP Balikpapan Bantah Larang Shalat bagi Petugas Kebersihan

admin

Kapolda Kaltim Peringatkan Ormas Agar Tidak Lakukan Sweeping

admin

Kirab Satu Negeri Melintasi Balikpapan, Dari Graha NU, Polda Kaltim ke UNIBA

admin

Ketua Masjid Agung At Taqwa Balikpapan: Kubah Masjid At-Taqwa Rusak

admin

Badan Lingkungan Hidup : Restoran Wajib Miliki IPAL

admin

Rizal Effendi: Km 17 Ditutup, Jangan Dulu Senang

admin
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com