Media Islam Madinatul Iman Balikpapan
Warta Dalam Kota

Penggunaan Plastik Juga akan Dilarang di Pasar Tradisional

MADINATULIMAN.COM – Pemkot Balikpapan resmi menerapkan Perwali Nomor 8 Tahun 2018 tentang Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik per tanggal 1 Juli 2018 lalu. Implikasinya, seluruh retail modern baik minimarket maupun supermarket tidak diperbolehkan memberi plastik sekali pakai kepada pelanggan.

Perwali tersebut kini telah berlaku, dan diawasi Satpol PP Kota Balikpapan penerapannya.

“Saya sudah koordinasi dengan Pak Arbain (Plt Kepala Satpol PP Kota Balikpapan) untuk melakukan pengawasan. Tapi secara umum, para retail modern sudah mematuhi perwali ini,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Balikpapan Suryanto, Kamis (12/7/2018).

Disebutkan Suryanto, retail modern berkewajiban menyediakan tas atau kantong yang dapat digunakan berkali-kali yang terbuat dari bahan ramah lingkungan.

“Di perwali ada kewajiban dari retail untuk menyediakan tas yang ramah lingkungan, yang bisa dipakai berulang-ulang. Tas yang degredable, yang umumnya terbuat dari nabati, dimana seminggu atau dua minggu dapat terurai. Yang wajib menyediakan ya retailnya,” jelasnya.

Setelah perwali tersebut diterapkan, pihaknya kini mulai menyasar pasar tradisional. Sehingga, pengurangan penggunaan kantong plastik di pasar tradisional juga berkurang. Pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Dinas Perdagangan Kota Balikpapan untuk membahas hal ini.

“Ini kan perwalinya untuk retail modern. Untuk pasar tradisional belum ada. Saya akan berkoordinasi dengan Pak Saufan (Kepala Dinas Perdagangan) agar mengidentifikasi tokoh-tokoh pasar untuk kita bawa dialog. Nanti ada perwali untuk pasar tradisional, tapi setelah ada dialog bersama,” tuturnya.

Seperti diberitakan, Perwali Balikpapan Nomor 8 Tahun 2018 tentang Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik mulai berlaku sejak 1 Juli 2018. Ini bertujuan untuk mengurangi sampah plastik di Kota Balikpapan.

Andi Aliev/Vicky Fadil/wartaEkonomi

 

Related posts

Pengelolaan Balikpapan Islamic Centre tak Diserahkan ke Yayasan

admin

Banyak Guru Sekolah Umum Negeri di Balikpapan Kurang Kompeten Bidang Agama

admin

Embarkasi Haji Balikpapan hanya Sediakan 6 Asrama Penginapan

admin

Ketua Masjid Agung At Taqwa Balikpapan: Kubah Masjid At-Taqwa Rusak

admin

Warga Wonorejo Balikpapan Utara Deklarasi Kampung Anti-Hoax

admin

Pemkot Balikpapan Hanya Bisa Bebaskan Lahan 9,8 Ha untuk Bandara

admin
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
WhatsApp Share info ke kami